Kenali Sejak Dini, Gejala, Pencegahan dan Pengobatan Hepatitis Pada Anak

Kenali Sejak Dini, Gejala, Pencegahan dan Pengobatan Hepatitis Pada Anak

Kenali Sejak Dini, Gejala, Pencegahan dan Pengobatan Hepatitis Pada Anak -(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

1. Interferon

Kombinasi dari obat-obatan antivirus yang berfungsi mengurangi efek samping dan memungkinan obat tetap berada di tubuh untuk waktu yang lebih lama dibandingkan dengan obat lainnya. 

Interferon memasok protein bagi tubuh untuk melawan infeksi dan membantu sistem kekebalan tubuh melawan HVC (hepatitis C) untuk mencegah komplikasi.

2. Protease Inhibitor

Protease inhibitor merupakan salah satu pengobatan hepatitis pada anak yang bisa dilakukan. Protease inhibitor adalah pengobatan untuk mencegah penyebaran virus dengan menghentikan reproduksinya.

3. Obat Antivirus Analog Nukleosida

Pengobatan untuk mencegah pembentukan virus baru. Obat ini juga digunakan dalam kombinasi dengan terapi lainnya dalam mengobati hepatitis. Jenis obat yang paling umum digunakan adalah ribavirin.

4. Polymerase Inhibitor

Pengobatan hepatitis pada anak yang lainnya adalah polymerase inhibitor. Polymerase inhibitor merupakan pengobatan penyakit hepatitis dengan menghentikan produksi virus.

Perilaku hidup bersih dan sehat menjadi kunci mencegah beragam penyakit, khususnya hepatitis. Pastikan Anda telah menerapkan gaya hidup sehat dan berperilaku bersih sejak dini agar anak terbiasa. 

Selain itu, apabila anak Anda mengalami gejala-gejala yang menyerupai kondisi di atas, jangan ragu untuk mengonsultasikannya dengan dokter terdekat agar memperoleh diagnosis dan penanganan medis secara tepat. Semakin cepat ditangani, semakin besar juga peluang sembuh bagi anak. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: