Waspada Hepatitis Bisa Berujung Kanker Hati, Pahami Hal Ini

Waspada Hepatitis Bisa Berujung Kanker Hati, Pahami Hal Ini

Ilustrasi penyakit hepapitis-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

7. Jaundice atau perubahan warna kulit dan bagian putih bola mata menjadi menguning.

8. Urine berwarna gelap 

BACA JUGA:Apa Penyebab Gagal Hati? Ketahui Gejala dan Penanganannya

Perbedaan hepatitis dan kanker hati

Walaupun gejalanya mirip, tetapi hepatitis dan kanker hati memiliki beberapa perbedaan yang dapat dikenali.

Memahami perbedaan keduanya dapat membantu, terutama yang memiliki riwayat hepatitis, agar lebih mewaspadai dan tidak menyepelekan kondisinya. 

Penyebab hepatitis dan kanker hati

Infeksi virus adalah penyebab utama hepatitis. Terkait penyebabnya, kanker hati memiliki 5 variasi jenis yang berbeda, yaitu Hepatitis A, Hepatitis B, Hepatitis C, Hepatitis D, dan Hepatitis E. 

Infeksi virus penyebab hepatitis ini ditularkan melalui berbagai cara, seperti kontak fisik, melalui cairan yang masuk ke dalam tubuh, dan makanan yang terkontaminasi.

Sementara penyebab kanker hati adalah mutasi atau kelainan pada DNA yang ada pada sel-sel tubuh. Mutasi ini akan menyebabkan sel-sel di dalam tubuh berlipat ganda secara tidak terkendali. Sel abnormal yang berlipat ganda ini kemudian akan membentuk tumor.

Bagaimana mutasi DNA sel dapat terjadi tidaklah diketahui. Tetapi, sejumlah faktor risiko diketahui dapat menjadi pemicunya, salah satunya yaitu menderita hepatitis kronis. 

Jenis hepatitis yang memicu kanker hati

Di antara kelima jenis virus hepatitis yang dapat menyebabkan kanker hati, maka ada dua diantaranya seringkali berujung menjadi kanker.

Jenis tersebut adalah hepatitis B dan hepatitis C. Umumnya, kedua jenis ini dapat memicu infeksi kronis selama lebih dari 6 bulan.

Bagaimana hepatitis bisa menjadi kanker hati? 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: