Apa Itu RPM? Pahami Pengertian dan Fungsinya

Apa Itu RPM? Pahami Pengertian dan Fungsinya

Ilustrasi RPM mobil-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - RPM singkatan dari Revolutions Per Minute, yang berarti jumlah putaran suatu objek dalam satu menit. RPM dalam konteks mobil mengacu pada jumlah putaran yang dilakukan oleh mesin mobil setiap satu menit.

RPM mengukur berapa kali poros engkol mesin melakukan putaran penuh dalam waktu satu menit. Setiap mobil memiliki rentang RPM yang disebut sebagai "rentang putaran mesin yang aman" atau "rentang kecepatan mesin yang efektif."

Ketika RPM mobil berada di bawah RPM minimum, maka performa mesin menjadi kurang efisien. Jika RPM kendaraan berada di atas RPM maksimum, maka mesin akan terlalu tegang dan berpotensi menyebabkan kerusakan.

BACA JUGA:Seat Belt Atau Sabuk Pengaman Mobil Bermasalah, Coba Lakukan Hal Ini

Perbandingan RPM dan kecepatan mobil melibatkan hubungan yang kompleks antara putaran mesin dan pergerakan kendaraan. Keduanya sangat terkait dan dipengaruhi oleh faktor-faktor, seperti rasio transmisi, ukuran roda, serta torsi mesin.

Fungsi RPM

RPM memiliki beberapa fungsi penting pada kendaraan, terutama mobil. Berikut ini fungsi utama dan pentingnya RPM bagi kendaraan, yaitu :

1. Indikator Kecepatan Mesin

RPM berfungsi sebagai indikator utama seberapa cepat mesin mobil berputar. RPM memberikan gambaran tentang intensitas kerja mesin.

Memangnya, apa yang terjadi jika RPM mobil tinggi? RPM tinggi membuat mesin bekerja lebih keras untuk menghasilkan daya yang lebih tinggi. RPM tinggi umumnya terjadi saat Anda menginjak pedal gas lebih dalam atau membutuhkan akselerasi yang cepat.

BACA JUGA:Oil Pan Atau Bak Oli, Ternyata Ini Fungsinya

2. Perpindahan Gigi

RPM juga berperan penting dalam perpindahan gigi pada mobil dengan transmisi manual. Setiap gigi memiliki rentang RPM optimal untuk kinerja yang baik.

Saat menginjak kopling dan mengganti gigi, Anda perlu memperhatikan RPM saat ini agar cocok dengan rentang RPM yang tepat untuk gigi baru. Tindakan ini membantu menjaga efisiensi mesin dan kinerja kendaraan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: