Jaga Rangka Sepeda Motor Tak Korosi dan Patah, Ini Tipsnya

Jaga Rangka Sepeda Motor Tak Korosi dan Patah, Ini Tipsnya

Ilustrasi rangka motor-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

Kecelakaan, beban berat, atau kondisi jalan yang buruk juga dapat mempengaruhi kekakuan rangka. Oleh karena itu, pemeriksaan dan perawatan berkala wajib dilakukan untuk menjaga kekakuannya.

4. Hindari benturan

Menghindari benturan keras dan kecelakaan adalah salah satu tips menjaga rangka sepeda motor agar integritas strukturnya tetap kuat. Sebab, benturan keras dapat merusak rangka dan mengancam keselamatan pengendara.

Bahkan dalam kecelakaan yang tampak ringan, penting untuk segera memeriksa rangka motor secara menyeluruh, pastikan tidak ada kerusakan tersembunyi. Jadi, selalu ikuti gaya berkendara yang aman agar terhindar dari potensi benturan.

BACA JUGA:Apa Itu Rem ABS? Ini Penjelasan dan Cara Perawatannya

Benturan kecil atau kecelakaan dapat menyebabkan stang kemudi menjadi bengkok hingga mempengaruhi kendali sepeda motor Anda. Karena itu, periksa suspensi depan, stang, dan poros kemudi motor secara rutin.

5. Hindari beban berlebihan

Tips menjaga rangka sepeda motor selanjutnya adalah jangan membawa beban melebihi kapasitas yang ditentukan oleh pabrikan. Pasalnya, ini bisa mengakibatkan tekanan yang tidak normal pada bagian rangka dan komponen lainnya.

6. Menjaga kebersihan rangka

Terakhir, jaga kebersihan rangka sepeda motor Anda dengan rutin membersihkannya dari debu, kotoran, atau residu lainnya. Hal ini tidak hanya mempengaruhi penampilan, tetapi juga dapat mencegah korosi akibat kotoran.

Dengan menjalankan berbagai tips menjaga rangka sepeda motor tersebut, rangka motor Anda akan selalu berada dalam kondisi yang baik. Sehingga, keselamatan dan kenyamanan saat berkendara juga lebih terjamin. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: