Ada Tilang Emisi? Ini 11 Solusi Agar Mobil Lulus Uji Emisi

Ada Tilang Emisi? Ini 11 Solusi Agar Mobil Lulus Uji Emisi

Ilustrasi Uji Emisi-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

Busi dan koil merupakan bagian dari sistem pengapian mesin. Kedua komponen ini perlu diperhatikan kondisinya agar proses pembakaran dalam ruang mesin menjadi lebih optimal.

Pastikan busi dalam keadaan prima dan tidak aus. Busi yang aus dapat menghasilkan gas karbondioksida yang tinggi. Selain itu, koil pada mesin juga dipastikan dalam kondisi yang prima. Apabila kedua komponen tersebut bermasalah, maka segera ganti dengan yang baru.

8. Hindari Modifikasi Mesin Mobil

Sebagian pemilik mobil memodifikasi mesin agar mobil terasa lebih bertenaga. Meskipun demikian, hal ini tidak disarankan karena dapat mempengaruhi emisi gas buang kendaraan.

Modifikasi dapat merubah pembakaran yang sudah sesuai dengan standar pabrikan. Hasilnya, gas buang kendaraan menjadi lebih kotor dan mobil tidak akan lulus uji emisi.

9. Periksa Kondisi Sensor Oksigen Dan Catalytic Converter

Sensor oksigen memiliki fungsi untuk menciptakan pembakaran yang sempurna. Oleh karena itu, kondisi sensor oksigen perlu diperhatikan. Pastikan sensor dalam kondisi bersih dan tidak rusak. Selain itu, perhatikan juga kondisi catalyc converter. Komponen ini berfungsi mengubah emisi gas buang yang beracun menjadi udara bersih.

10. Menjaga Suhu Kerja Mesin

Mesin memiliki suhu kerja agar proses pembakaran optimal. Agar campuran bahan bakar sesuai dengan kebutuhan mesin, suhu kerja mesin harus tetap optimal, tidak boleh terlalu rendah dan terlalu tinggi. Salah satu cara menjaga suhu kerja mesin tetap ideal adalah dengan memastikan sistem pendingin bekerja dengan baik.

11. Melakukan Perawatan Secara Berkala

Salah satu cara agar lulus uji emisi gas buang adalah dengan melakukan perawatan mobil secara berkala. Mesin kendaraan mampu bekerja secara optimal dan terawat jika sering dilakukan perawatan. Agar perawatan mobil semakin optimal, pemilik kendaraan bisa berdiskusi dengan pihak bengkel mengenai kondisi kendaraannya.

Itulah beberapa solusi yang bisa dilakukan agar mobil lulus uji emisi. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: