Ada Tilang Emisi? Ini 11 Solusi Agar Mobil Lulus Uji Emisi

Ada Tilang Emisi? Ini 11 Solusi Agar Mobil Lulus Uji Emisi

Ilustrasi Uji Emisi-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BACA JUGA:Mobil Transmisi Manual? Kenali Masalah dan Cara Merawatnya

Oli mesin berperan penting dalam menjaga kinerja mesin lebih optimal dan prima. Telat atau jarang mengganti oli tentu berpengaruh terhadap kondisi mesin, salah satunya emisi gas buang. Kinerja mesin akan terbebani, sehingga mesin mudah rusak dan emisi gas buangnya akan meningkat. Oleh karena itu disarankan untuk melakukan penggantian oli mesin secara berkala

2. Membersihkan Filter Udara Pada Mesin

Salah satu komponen yang perlu diperhatikan kebersihan dan kondisinya adalah filter udara mesin. Apabila filter udara kotor, maka sirkulasi udara akan terhambat. Hal ini akan berdampak pada angka Hidrokarbon (HC) yang semakin tinggi. Oleh karena itu, bersihkan filter udara secara berkala.

3. Menggunakan Bahan Bakar Berkualitas

Penggunaan bahan bakar yang berkualitas dan sesuai dengan spesifikasi kendaraan mampu membantu proses pembakaran di dalam mesin menjadi lebih baik. Ketika proses pembakaran pada ruang mesin optimal, maka kualitas gas buang yang dihasilkan juga akan menjadi lebih baik.

Pemilik mobil tidak disarankan untuk mengganti-ganti jenis BBM dengan oktan yang berbeda-beda. Hal ini akan berdampak pada proses pembakaran ruang mesin, serta kondisi mesin akan semakin buruk.

4. Menggunakan Injector Cleaner

BACA JUGA:Mengenal Fitur Child Lock, Apa Fungsi dan Kegunaannya?

Untuk mencegah lubang pin injektor dari residu sisa pembakaran, pemilik mobil bisa menggunakan injector cleaner. Alat tersebut mampu membersihkan bagian injeksi serta menjaga agar sistem bahan bakar selalu dalam kendaraan bersih. Proses pembakaran mesin yang sempurna tentu membuat mesin menjadi lebih efisien dan lulus uji emisi.

5. Memeriksa Karburator dan Sistem Pengapian

Pada mobil yang masih menggunakan mesin karburator, pengguna wajib memeriksa bagian karburator dan sistem pengapian. Pastikan kondisi pengapian dan karburator dalam keadaan baik agar mobil lulus uji emisi. Pengguna bisa memeriksa bagian throttle valve dan spuyer, serta mengaturnya agar performa mesin menjadi lebih optimal dan efisien.

6. Cek Sistem Pendingin dan Pelumas Mesin Kendaraan

Pemilik mobil wajib memastikan sistem pendingin dalam keadaan baik. Sistem ini berfungsi untuk mencegah mesin overheat. Mesin yang terlalu panas dapat mempengaruhi kinerja dan emisinya. Selain itu, pastikan pula pelumas kendaraan dalam kondisi yang baik karena berpengaruh terhadap kinerja dari mesin.

7. Memastikan Busi dan Koil Mobil Dalam Kondisi Prima

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: