Ini Perbedaan Jok Paten, Semi Paten atau Sarung Pada Mobil

Ini Perbedaan Jok Paten, Semi Paten atau Sarung Pada Mobil

Jok Paten terlihat rapih dan fress sesuai dengan bentuk dari lekukan jok mobil-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Membungkus jok mobil cukup membingungkan bagi sebagian awam yang ingin memodifikasi interior dan jok mobilnya.

Banyak pemilik mobil yang tidak mengetahui mengenai teknik pemasangan pelapis jok pada interior mobil.

Umumnya, mereka hanya mengenal istilah membungkus jok saja, tanpa menyadari bahwa ada tiga teknik yang berbeda saat penerapannya.

Berikut ini perbedaan cara pembungkusan jok yang umum dilakukan:

Jok Paten :

Cara ini adalah cara terbaik. Dikerjakan melalui pelepasan lapisan jok lama dan digantikan dengan bahan pelapis yang baru. Dilakukan Fitting bodi (bentuk dan busa) jok sesuai dengan pola dan kondisi kendaraan.

BACA JUGA:Honda Click 125 Edisi Khusus Anniversary 50 Tahun Honda

Jok Paten akan terlihat tampil sangat pas, firm, rapi dan lebih nyaman. Istilah modifikasi jok sebenarnya yang paling tepat untuk jok paten ini. Dilakukan penggantian lapisan bahan secara menyeluruh dan bahkan tak jarang dilakukan pula penggantian dan penambahan busa.

Keuntungan sistem Jok Paten adalah bisa menonjolkan kualitas jahitan, pola, model dan kombinasi warna jok yang dibuat. Tampak sebagai produk handmade yang lebih bernilai dan dapat disesuaikan dengan selera dan keinginan pemilik kendaraan agar tampil lebih bergaya dan eksklusif.

Jok Sarung:

Cara ini adalah cara yang paling praktis dan relatif murah. Dikerjakan tanpa melepas jok lama. Pembungkusan sarung ini posisi jok biasanya tidak perlu dibongkar total dari dek kabin mobil, karena hanya dibutuhkan ikatan beberapa tali untuk pemasangannya.

Hal ini yang menyebabkan penampilan jok sarung kelihatan tidak rapi, menggelembung dan mudah bergeser sehingga tidak nyaman digunakan.

BACA JUGA:Honda Kirana Reborn, Lebih Irit dari Beat Pakai Mesin PGM FI

Umumnya cara ini digunakan hanya untuk melindungi jok asli agar tidak rusak atau kotor sehingga pada saat mobil akan dijual kembali maka jok asli masih akan terlihat bagus yang konon katanya akan menambah nilai jual mobil tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: