Puncak Hari Lalu Lintas Bhayangkara ke-68, Polantas Mengedepankan Pendekatan Teknologi Kepada Masyarakat

Puncak Hari Lalu Lintas Bhayangkara ke-68, Polantas Mengedepankan Pendekatan Teknologi Kepada Masyarakat

- Direktur Ditlantas Polda Bengkulu, Kombes Pol Joko Suprayitno-(foto: tri/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Aksi Balap liar di  Bengkulu saat ini masih menjadi sorotan oleh Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Bengkulu. Tak jarang, jajaran polisi lalu lintas  menggelar razia di sejumlah titik di Kota Bengkulu.

Hal itupun diungkapkan Direktur Ditlantas Polda Bengkulu Kombes Pol Joko Suprayitno saat menggelar acara syukuran Hari Lalu Lintas  Bhayangkara Polda Bengkulu ke-68 tahun 2023.

Kombes Pol Joko Suprayitno mengatakan, sesuai instruksi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Polisi Lalu Lintas dapat mengedepankan kedekatan teknologi pada masyarakat. 

Pendekatan itu, sambungnya, sudah mulai dilakukan personelnya di Polda Bengkulu dan polres jajaran. Seperti pelayanan Samsat, penindakan penegakan hukum melalui ETLE dan proses penyidikan laka lantas.

BACA JUGA:Kepala Koperasi Ditetapkan Tersangka Kasus Dugaan Korupsi Progam Samisake, Modusnya Begini

Khusus pada penyidikan laka lantas, pihaknya banyak menerima laporan bahwa hal itu disebabkan oleh adanya balap liar baik roda dua maupun roda empat.

"Berkenaan dengan itu, kita sudah berkomunikasi dengan pihak kejaksaan dan pengadilan untuk menerapkan hukuman maksimal bagi pelaku balap liar. Baik itu bentuk kurungan pidana maupun denda," ujar Kombes Pol Joko Suprayitno di Ballroom Hotel Mercure, Bengkulu.

Kombes Pol Joko menambahkan, perbuatan balap liar ini selain menimbulkan kerugian material juga merugikan orang lain. 

Untuk di Bengkulu, belum ada aksi balap motor yang dilakukan oleh geng-geng motor seperti yang ada di kota-kota besar.

BACA JUGA:Beraksi di 15 TKP, Tersangka Jambret Dihadiahi Timah Panas oleh Polsek Gading Cempaka

Oleh karena itu, pihaknya terus melakukan tindakan preventif guna tidak terciptanya hal-hal yang dapat merugikan orang banyak. 

"Bengkulu Alhamdulillah belum ada geng motor. Tetapi bibit-bibitnya sudah ada, maka kita himbau untuk orang tua, tolong ingatkan anak-anaknya atau saudara-saudaranya yang terindikasi kearah balap liar untuk segera dihindarkan," tutur Kombes Pol Joko Suprayitno.

Di sisi lain, Hari Lalu lintas Bhayangkara ke -68, Polda Bengkulu telah melakukan serangkaian kegiatan sejak satu bulan terakhir.

Seperti bakti sosial di rumah-rumah ibadah, memberikan bantuan sosial pada masyarakat yang membutuhkan dengan jumlah bantuan mencapai ribuan sembako yang tersebar keseluruh masyarakat di Provinsi Bengkulu dan ditutup dengan aksi donor darah. (Tri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: