Jangan Digaruk!Begini Cara Alami Mengatasi Rasa Gatal di Badan

Jangan Digaruk!Begini Cara Alami Mengatasi Rasa Gatal di Badan

Menggaruk hanya akan membuat masalah kulit semakin buruk dan meningkatkan risiko infeksi.--

BENGKULUEKSPRESS.COM- Rasa gatal di badan bisa menjadi sangat mengganggu dan mengganggu aktivitas sehari-hari kita. Terkadang, gatal tersebut muncul akibat alergi, gigitan serangga, reaksi kulit, atau kondisi medis tertentu.

Apa pun penyebabnya, menggaruk bisa memperburuk masalah dan menyebabkan kerusakan kulit. Sebagai alternatif, kita dapat mencoba mengatasi rasa gatal dengan menggunakan bahan alami yang tersedia di sekitar kita.Berikut adalah lima cara untuk meredakan rasa gatal tanpa perlu menggaruk.

BACA JUGA:SIMAK! Cara Top Up DANA lewat ATM, Alfamart, dan Indomaret

1. Lidah Buaya (Aloe Vera)

Lidah buaya adalah tanaman yang dikenal memiliki sifat antiinflamasi dan penyembuhan kulit. Potong kecil bagian dari lidah buaya, ekstrak gelnya, dan oleskan pada area yang gatal. Biarkan gel tersebut meresap ke dalam kulit. Lidah buaya tidak hanya akan membantu meredakan gatal, tetapi juga membantu menyembuhkan kulit yang teriritasi.

2. Mandi Air Hangat

Mandi dengan air hangat dapat membantu meredakan rasa gatal. Hindari air terlalu panas, karena dapat mengeringkan kulit. Tambahkan sedikit baking soda ke dalam air mandi untuk efek yang lebih baik. Baking soda dapat membantu menetralkan pH kulit dan mengurangi iritasi.

BACA JUGA:Hasilkan Saldo Gratis dari Game OVO, Ini Game yang Bisa Kalian Mainkan

3. Minyak Kelapa

Minyak kelapa adalah bahan alami yang kaya akan sifat antibakteri dan antiinflamasi. Oleskan minyak kelapa ekstra virgin ke area yang gatal dan biarkan meresap. Minyak kelapa juga membantu menjaga kelembaban kulit.

4. Teh Celup Basah

Anda dapat menggunakan kantong teh celup yang sudah basah dan dingin sebagai kompres pada area yang gatal. Kandungan tanin dalam teh dapat membantu meredakan peradangan dan mengurangi rasa gatal. Tempelkan kantong teh ke area yang gatal selama beberapa menit.

BACA JUGA:Penyaluran KUR 2023 Menurun Drastis, Bank BRI Berikan Kemudahan

5. Kulit Pisang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: