Wanita Juga Bisa Dapat Keberkahan Jumat, Lakukan Amalan-amalan ini

Wanita Juga Bisa Dapat Keberkahan Jumat, Lakukan Amalan-amalan ini

ilustrasi Berdoa-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

"Barang siapa yang mendatangi shalat Jumat baik laki-laki maupun wanita maka hendaklah mandi,".

Seorang wanita juga akan mendapatkan pahala sunnah mandi Jumat dalam konteks ini jika dia mengikuti ibadah sholat Jumat. Namun, aturan ini akan berubah jika dia memilih untuk melaksanakan sholat Zuhur di rumah, dan dalam kasus ini, tindakan mandi Jumat tidak lagi menjadi anjuran baginya.

BACA JUGA:PENTING! Ustadz Adi Hidayat Berpesan Lakukan 5 Amalan Khusus Hari Jumat

BACA JUGA:Bacalah Sholawat Jibril 1000 Kali di Hari Jumat, Bisa Kaya Raya dari Jalur Langit

Syekh Muhammad Nawawi al-Bantani menjelaskan:

"Sedangkan etika dalam shalat Jumat itu banyak, salah satunya adalah disunnahkan bagi orang yang menghendaki untuk mendatangi shalat Jumat untuk mandi, walaupun shalat Jumat tidak diwajibkan baginya bahkan walaupun haram baginya untuk mendatangi shalat Jumat seperti perempuan yang tidak mendapatkan izin dari suaminya menurut pendapat mu’tamad (kuat),".

2. Memperbanyak Sholawat

Memperbanyak sholawat kepada Nabi Muhammad SAW adalah salah satu dari amalan yang dapat dilakukan oleh wanita pada hari Jumat. Tindakan ini sejalan dengan ajaran yang terdapat dalam hadist yang berbunyi:

"Perbanyaklah shalawat kepadaku pada malam Jumat dan hari Jumat. Barang siapa yang bershalawat kepadaku satu kali, maka Allah akan bershalawat kepadanya 10 kali," (HR Baihaqi).

3. Membaca Surah Al Kahfi

Salah satu amalan di hari Jumat yang bisa dilakukan baik pria maupun wanita adalah membaca surah Al Kahfi. Hal tersebut sesuai dengan hadist Rasulullah SAW.

"Barang siapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jumat maka akan ada cahaya yang menyinarinya di antara dua Jumat," (HR An Nasa'i dan Baihaqi).

Kemudian hadist lainnya juga mengungkapkan:

"Barang siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada malam Jumat, maka akan ada cahaya yang menyinarinya di antara dia dan Al-bait al-Atiq (Ka’bah). (HR Ad-Darimi).

BACA JUGA:Amalan Kaya Raya dan Banyak Uang dari Abah Guru Sekumpul, Amalkan di Hari Jumat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: