Kampung Berseri Astra Desa Pantai Cermin Kanan: Pengembangan Kerajinan Anyaman Pandan Pemberdayaan Perempuan

Kampung Berseri Astra Desa Pantai Cermin Kanan: Pengembangan Kerajinan Anyaman Pandan Pemberdayaan Perempuan

Tokoh penggerak KBA Desa Pantai Cermin Kanan dan pencetus Kelompok Perempuan Kanan Kreatif (KPKK) Eva Harlia (tengah) bersama anggota KPKK saat membuat anyaman di rumah kreasi anyaman pandan Menday Gallery and Souvenir-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Desa Pantai Cermin Kanan, Sumatra Utara, menjadi tempat berkumpulnya kelompok perempuan yang mahir dalam seni anyaman menggunakan daun pandan.

Di tengah suasana yang tenang dengan ombak yang berirama di pesisir pantai, Kampung Berseri Astra (KBA) Desa Pantai Cermin Kanan menjadi tempat para perajin anyaman berkumpul. Komunitas bernama Kelompok Perempuan Kanan Kreatif (KPKK) membina 350 anggota perempuan yang terampil dalam seni anyaman.

KBA Desa Pantai Cermin Kanan merupakan salah satu dari 27 KBA yang didirikan oleh Astra di Sumatra Utara. Tujuan pembinaan ini adalah untuk mendorong masyarakat menjadi mandiri, produktif, kreatif, dan inovatif.

Astra melalui Grup Astra Wilayah Medan memberikan pelatihan, pendampingan, akses permodalan, pemasaran, dan bantuan infrastruktur kepada tokoh penggerak yang kemudian disalurkan kepada warga sekitar.

Kepala Desa KBA Desa Pantai Cermin Kanan Basaruddin di perkebunan kelapa genjah pandan wangi wilayah KBA Desa Pantai Cermin Kanan.

“Edukasi dan pemberdayaan perempuan melalui kerajinan anyaman merupakan bagian dari warisan budaya di KBA Desa Pantai Cermin Kanan. Melalui KPKK, kami menciptakan ruang kreatif untuk melestarikan seni anyaman agar tidak punah di generasi mendatang,” ujar Eva Harlia, tokoh penggerak KBA Desa Pantai Cermin Kanan dan pencetus KPKK.

KPKK didirikan pada tahun 2010 oleh sekelompok ibu rumah tangga. Saat ini, remaja SMA juga ikut mengikuti jejak Eva. Selain memberikan edukasi, Eva juga membina keterampilan perempuan dari empat desa di KBA Desa Pantai Cermin Kanan untuk mengembangkan anyaman dengan bahan baku lain seperti tenun, purun, pelepah pisang, bambu, serta teknik ecoprint untuk menyesuaikan dengan permintaan pasar.

Hingga saat ini, KPKK telah mendirikan badan usaha bernama Menday Gallery and Souvenir, tempat produksi ribuan jenis anyaman dalam berbagai bentuk seperti gantungan kunci, tas, pelapis makanan, berbagai jenis kotak, dan produk unggulan berupa tikar duduk berwarna. Produk-produk ini telah dipasarkan hingga ke Malaysia dan Singapura, dengan penjualan mencapai 5.000 produk setiap bulan, atau setara dengan pendapatan sekitar Rp55 juta.

Selain kesuksesan KPKK, KBA Desa Pantai Cermin Kanan juga memiliki potensi lain, seperti perkebunan kelapa genjah pandan wangi seluas 15 hektar yang mampu menghasilkan 20.000 batang kelapa setiap tahunnya, dengan nilai sekitar Rp3,2 miliar.

Selain itu, Pantai Bali Lestari di KBA Desa Pantai Cermin Kanan menjadi destinasi wisata yang populer di antara warga sekitar, menawarkan nuansa Bali di bibir pantai Sumatra Utara.

Program Kampung Berseri Astra (KBA) merupakan inisiatif Astra dalam mengembangkan masyarakat secara berkelompok dengan tujuan menciptakan lingkungan yang bersih, sehat, cerdas, dan produktif. Sejak tahun 2013, Astra telah membina 170 KBA yang tersebar di seluruh provinsi di Indonesia.

Melalui pembinaan KBA Desa Pantai Cermin Kanan, Astra berkomitmen untuk mendorong pertumbuhan dan keberlanjutan Indonesia. Hal ini sejalan dengan visi Astra untuk menciptakan kesejahteraan bersama bangsa serta mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) di Indonesia. (**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: