Sebelum Membeli, Ketahui Perbedaan Antara Smart TV dan Android TV berikut ini

Sebelum Membeli, Ketahui Perbedaan Antara Smart TV dan Android TV berikut ini

Perbedaan Antara Smart TV dan Android TV -(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

Sementara di Android TV bisa. Pengguna tinggal mengakses Google Play Store untuk melakukan update versi aplikasi yang digunakan.

5. Fitur

Kelebihan dan kekurangan smart TV dan Android TV berikutnya terletak pada fitur suara.

Umumnya, Android TV sudah dilengkapi dengan fitur mikrofon, sehingga pengguna bisa menggunakan layanan Google Assistant untuk memberi perintah kepada TV menggunakan suara.

Hal ini mungkin tidak ditemukan di smart TV. Sebab, pada umumnya, pengguna tetap harus memerintah dengan memencet remote dan mengetik di fitur keyboard yang juga ada di Android TV.

Pengguna smart TV mungkin bisa melakukan perintah suara dengan menambahkan perangkat tambahan.

6. Remote

Desain dan fungsi remote smart TV umumnya mirip dengan TV analog. Namun, seluruh fitur sudah tercakup dalam satu remote tersebut.

Sementara Android TV terkadang membutuhkan dua remote karena memiliki dua fungsi yang berbeda. Yang satu untuk mengakses TV seperti TV analog dan satu lagi untuk mengakses konten digital.

7. Koneksi

Umumnya Android TV telah dilengkapi dengan fitur bluetooth, sehingga pengguna dapat menghubungkan perangkat tambahan dengan mudah, misalnya mouse atau keyboard wireless.

Selain itu, Android TV juga dilengkapi dengan Chromecast, yaitu teknologi dari Google yang mampu menghubungkan dua perangkat dengan mudah dan langsung.

Hal ini menjadi perbedaan smart TV dan Android TV karena smart TV membutuhkan perangkat tambahan untuk memunculkan fitur koneksi ini, misalnya kabel HDMI, USB, dan lainnya serta membutuhkan proses yang memakan waktu.

Itulah perbedaan antara Smart TV dan Android TV, pengguna bisa menentukan pilihan sebelum membeli sesuai kriteria yang pengguna butuhkan. (**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: