Sebelum Membeli, Ketahui Perbedaan Antara Smart TV dan Android TV berikut ini

Sebelum Membeli, Ketahui Perbedaan Antara Smart TV dan Android TV berikut ini

Perbedaan Antara Smart TV dan Android TV -(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM- Secara sekilas tentu Smart TV dan Android TV kerap dianggap sama, karena keduanya menggunakan koneksi internet dalam pengoperasian sistem untuk dapat menghadirkan tontonan bagi penggunanya.

Namun siapa sangka bahwa ternyata keduanya terdapat perbedaan. Pengguna perlu tahu perbedaan smart TV dan Android TV sebelum memutuskan membeli salah satunya. Sebab, kedua jenis TV ini sejatinya berbeda.

Ada pula yang mengira bahwa Android TV adalah smart TV tetapi menggunakan sistem pengoperasian dari Android. Secara definisi, ini memang tidak salah, namun tetap ada beberapa perbedaan dari keduanya. Melansir situs resmi TCL, salah satu produsen smart TV dan Android TV, berikut penjelasannya.

BACA JUGA:Musim Haji Tiba, Begini Cara Aktifkan Roaming Paket Internet Haji atau Umroh

BACA JUGA:Tanpa WhatsApp Web, Anda bisa Login 1 WhatsApp di Beberapa Perangkat, Begini Caranya!

Pengertian Smart TV dan Android TV

Smart TV atau juga kerap disebut TV berinternet adalah elektronik yang memiliki fungsi TV pada umumnya, yaitu untuk menonton tayangan. Namun, tayangan yang ingin ditonton memerlukan koneksi internet.

Hal ini membuat smart TV tidak hanya bisa digunakan untuk menonton tayangan TV pada umumnya, namun juga menonton konten online alias streaming di berbagai aplikasi. Misalnya, streaming tayangan di Amazon Prime Video, Netflix, hingga Youtube.

Makanya, smart TV dianggap 'TV pintar' daripada TV biasanya yang hanya menayangkan tayangan analog. Dengan menggunakan smart TV, Anda bisa menonton berbagai tayangan digital multiaplikasi.

Smart TV dapat mengakses berbagai konten digital karena memiliki sistem pengoperasian bawaan. Umumnya berupa Tizen OS dan WebOS.

Hal ini yang menjadi perbedaan dasar dengan Android TV. Sederhananya, Android TV adalah smart TV karena fungsinya sama, namun memiliki sistem pengoperasian yang berbeda karena menggunakan sistem Android.

Perbedaan Smart TV dan Android TV

Setelah mengetahui definisi dari keduanya, berikut perbedaan smart TV dan Android TV mulai dari segi tampilan, OS, hingga fitur yang digunakan.

1. Tampilan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: