Hati-hati! Rezeki Seperti ini Justru Mendatangkan Azab

Hati-hati! Rezeki Seperti ini Justru Mendatangkan Azab

Ilustrasi Istidraj-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

Lalu seperti apa istidraj atau rezeki yang bisa mendatangkan azab tersebut? Dr H Abd Rahman dalam buku Tasawuf Akhlaki: Ilmu Tasawuf yang Berkonsentrasi dalam Perbaikan Akhlak menjelaskan bahwa orang yang memiliki istidraj biasanya akan selalu merasa bahagia meskipun ada kejadian-kejadian aneh yang menimpanya.

Orang yang mendapatkan istidraj ini, mengira ia mendapatkan rezeki dari Allah SWT karena ia memang berhak untuk mimiliknya. Orang-orang seperti biasa akan merendahkan orang lain, sombong dan selalu merasa aman dari azab Allah SWT.

Sementara itu dalam buku Hidup Bersama Al Quran 1, Quraish Shihab menjelaskan bila kualitas dan kuantitas ibadah seseorang semakin buruk karena tidak ikhas, banyak berbuat maksiat baik kepada manusia maupun AllahS WT.

Meskipun orang tersebut memiliki sifat yang demikan, namun ia tetap mendapatkan rezeki yang banyak, kemudian kesenangan hidup, sehat dan tidak pernah celaka. Hal tersebut menurut Quraish Shibab bisa jadi adalah istidraj yang ia terima.

BACA JUGA:Siap-siap Kaya! Ustadz Adi Hidayat Bagikan Doa Agar Rezeki Mengalir Deras

Allah SWT dalam firman-Nya, orang-orang seperti itu akan ditarik dalam kebinasaan:

اَيَحْسَبُوْنَ اَنَّمَا نُمِدُّهُمْ بِهٖ مِنْ مَّالٍ وَّبَنِيْنَ ۙ نُسَارِعُ لَهُمْ فِى الْخَيْرٰتِۗ بَلْ لَّا يَشْعُرُوْنَ

(A yaḥsabụna annamā numidduhum bihī mim māliw wa banīn. Nusāri'u lahum fil-khairāt, bal lā yasy'urụn)

Artinya: 

"Apakah mereka mengira bahwa Kami memberikan harta dan anak-anak kepada mereka itu (berarti bahwa). Kami bersegera memberikan kebaikan-kebaikan kepada mereka? Tidak, sebenarnya mereka tidak sadar". (QS Al Mu'minum : 55-56).

Itulah penjelasan singkat tentang rezeki yang mendatakan azab, semoga bermanfaat dan kita terhindar dari istidraj.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: