Orang-orang Ini Bangkrut di Hari Kiamat, Penyebabnya Ini

Orang-orang Ini Bangkrut di Hari Kiamat, Penyebabnya Ini

Ilustrasi yaumul hisab atau hari perhitungan-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM- Meskipun banyak membawa pahala saat hari perhitungan atau yaumul hisab, namun ada beberapa orang yang bangkrut atau pahalanya habis.

Orang-orang ini, tak hanya pahalanya yang habis. Bahkan dosa orang lain juga akan mereka tanggung karena pahala yang mereka bawa tak mampu untuk membayar apa yang telah mereka lakukan didunia.

BACA JUGA:7 Golongan Orang yang Mendapat Naungan Allah di Hari Kiamat

Prihal kebangkrutan umat Islam di hari kiamat nanti, hal tersebut telah disampaikan Rasulullah SAW dalam sabdanya. Abu Hurairah RA yang mengatakannya dari Nabi SAW.

"Dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu , Rasulullâh Shallallahu ‘alaihi wassallam bersabda: "Tahukah siapa orang yang bangkrut?" Mereka menjawab, "Orang yang bangkrut menurut kami adalah orang yang tidak punya dirham dan barang dagangan."

Rasulullah SAW bersabda, "Orang yang bangkrut adalah orang yang datang pada hari kiamat dengan membawa pahala salat, puasa, zakat, sedangkan ia telah mencaci Fulan, mendustakan Fulan, memakan harta Fulan, membunuh Fulan, dan memukul Fulan sehingga (kesalahannya) ini diambil dari kebaikannya, dosa ini diambil dari kebaikannya sehingga setelah kebaikannya habis sebelum diputuskan kepadanya, lalu keburukan mereka diambil dan ditimpakan kepadanya, kemudian ia dicampakkan ke dalam neraka". (HR Muslim)

BACA JUGA:Bermegah-megahan Membangun Masjid Termasuk Tanda Kiamat, Simak Penjelasannya

Selain memberikan penjelaskan terkait dengan orang-orang yang bangkrut saat kiamat nanti. Rasulullah SAW juga memberikan cara untuk mencegah kebangkrutan tersebut.

Cara yang diajarkan Rasulullah SAW tersebut yaitu dengan menganjurkan umatnya untuk membayar perbuatan yang telah ia lakukan tersebut selama masih hidup di dunia. Hal tersebut sesuai hadistnya.

"Barang siapa yang pernah menzalimi saudaranya, baik pada kehormatannya maupun lainnya, hendaklah ia membayarnya hari ini, sebelum datang (hari) ketika dinar dan dirham tidak lagi bermanfaat lagi. Jika ia memiliki amal saleh maka akan diambil seukuran kezalimannya dan jika ia tidak memiliki kebaikan maka akan diambil dari keburukan saudaranya dan ia akan menanggungnya" (HR Bukhari dan Muslim).

BACA JUGA:Sering Gempa Termasuk Tanda Kiamat, Berikut Penjelasannya

Itulah beberapa golongan orang-orang yang bangkrut saat hari kiamat nanti, semoga Allah SWT menjauhkan kita dari orang-orang yang bangkrut saat di akhirat nanti.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: