7 Golongan Orang yang Mendapat Naungan Allah di Hari Kiamat

7 Golongan Orang yang Mendapat Naungan Allah di Hari Kiamat

llustrasi Padang Mahsyar-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM- Pada hari kiamat atau hari akhir, manusia akan dikumpulkan disuatu tempat yang bernama Padang Mahsyar.

Di Padang Mashyar ini jarak matahari dengan manusia sangat dekat. Karena dekat tersebut, sehingga keringat manusia bercucuran dengan sangat deras. Sangking derasnya cucuran keringat tersebut, sehingga bisa merendam sebagian bahkan seluruh tubuh manusia.

BACA JUGA:Ustadz Adi Hidayat Bocorkan Golongan yang Mendapat Naungan Allah pada Hari Kiamat, Siapa Mereka?

Rasulullah SAW bersabda:

"Pada Hari Kiamat, matahari didekatkan kepada seluruh makhluk hingga berjarak satu mil di atas kepala mereka, lalu seluruh manusia akan tergenang dalam peluh mereka berdasarkan kadar amalan mereka di dunia.” (HR Muslim).

Namun kondisi matahari yang terik di Padang Mahsyar tersebut tidak akan dirasakan oleh sekelompok orang. Mereka adalah orang-orang yang mendapat naungan dari Allah SWT.

Dijelaskan Rasulullah SAW dalam sebuah hadistnya, bahwa akan ada 7 golongan manusia yang akan mendapat naungan Allah SWT di Padang Mahsyar.

BACA JUGA:Begini Cara Miliarder Dunia 'Kabur' dari Kiamat

7 golongan orang yang mendapat naungan Allah SWT tersebut dijelaskan dalam hadist imam Bukhari:

سَبْعَةٌ يُظِلُّهُمُ اللَّهُ في ظِلِّهِ يَوْمَ لا ظِلَّ إلَّا ظِلُّهُ: إِمامٌ عادِلٌ، وشابٌّ نَشَأَ فِي عِبَادَةِ اللَّه تَعالى، وَرَجُلٌ قَلْبُهُ مُعَلَّقٌفي المَسَاجِدِ، وَرَجُلانِ تَحَابَّا في اللَّه: اجتَمَعا عَلَيهِ، وتَفَرَّقَا عَلَيهِ، وَرَجُلٌ دَعَتْهُ امْرَأَةٌ ذَاتُ مَنْصِبٍ، وَجَمَالٍ فَقَالَ: إِنِّي أَخافُ اللَّه، ورَجُلٌ تَصَدَّقَ بِصَدَقَةٍ فأَخْفَاها، حتَّى لا تَعْلَمَ شِمالُهُ مَا تُنْفِقُ يَمِينهُ، ورَجُلٌ ذَكَرَ اللَّه خالِيًا فَفَاضَتْ عَيْنَاهُ

Artinya:

Rasulullah SAW bersabda: "Ada tujuh golongan yang akan dinaungi Allah dengan naungan 'Arsy-Nya pada hari di mana tak ada naungan kecuali naungan- Nya. (Yaitu) pemimpin yang adil; pemuda yang tumbuh dalam beribadah kepada Tuhannya; orang yang hatinya terpaut pada masjid; dua orang yang saling mencintai karena Allah sehingga berkumpul dan berpisah karena Allah; lelaki yang diajak (berzina) oleh seorang yang berkedudukan lagi cantik, lalu ia berkata, 'Sungguh aku takut kepada Allah'; orang yang bersedekah lalu merahasiakannya hingga tangan kirinya tak tahu apa yang diinfakkan tangan kanannya; orang yang berzikir kepada Allah kala sunyi, lalu bercucuran air matanya (HR Bukhari).

BACA JUGA:Munculnya Ya’juj dan Ma’juj Disebut Tanda Kiamat, Kapan Keluarnya?

Itulah 7 golongan manusia yang akan mendapat naungan Allah SWT di hari kiamat nanti, semoga kita menjadi salah satu dari 7 golongan tersebut.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: