Hukum Puasa Syawal Digabung dengan Puasa Senin Kamis, Begini Jawaban Ustadz Adi Hidayat

Hukum Puasa Syawal Digabung dengan Puasa Senin Kamis, Begini Jawaban Ustadz Adi Hidayat

ustadz adi hidayat--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Memasuki bulan syawal umat muslim akan menjalankan puasa sunnah dengan puasa syawal. Karena pahala yang didapatkan senilai setahun berpuasa. Lantas bagaimana dengan menggabungkan puasa syawal dengan puasa sunnah lainnya seperti puasa senin kamis?

Dilansir dari YouTube Info Singkat Official, Ustadz Adi Hidayat kemudian memberikan penjelasan mengenai hukum Puasa Syawal dan puasa Senin Kamis apabila digabung.

Ia menjelaskan bahwa ada perbedaan pendapat ulama mengenai penggabungan niat Puasa Syawal dan puasa Senin Kamis.

“Ada ulama yang membolehkan menyatukan. Ada yang membolehkan, silakan disatukan dalam satu bagian. Tapi juga ada yang memisahkan karena satu niat untuk satu amalan,” jelasnya.

Ustadz Adi Hidayat mengatakan bahwa apabila kita berpindah pada amalan yang lebih tinggi, maka pahala dari amalan rendah akan ikut mengalir.

BACA JUGA:Tanda Akhir Zaman Sudah Terjadi Kata Ustadz Adi Hidayat

BACA JUGA:Daratan Mekkah Arab Saudi Menghijau Jadi Tanda Kiamat?

“Tapi ingat ketika anda berpindah pada amalan yang lebih tinggi, maka amalan rendah itu akan ikut pahalanya. Amalan rendah ke yang lebih tinggi misal, amalan rendah itu kalau setiap saat bisa dilakukan, bisa Senin Kamis, begitu anda puasa Senin Kamis anda mendapati Puasa Syawal misalnya,” katanya.

“Berkaitan dengan puasa Seninnya anda niatkan Syawalnya itu Seninnya otomatis dituliskan pahalanya karena kebiasaan anda sudah mengerjakan itu. Nah rumusnya pindahkan amalan yang rendah ke yang tinggi, begitu mengerjakan yang tinggi di satu yang bersamaan maka amalan biasanya yang rendah sudah dituliskan pahalanya,” sambungnya.

BACA JUGA:Hati-hati! Ini Hukum Orang Tua Memakai Uang THR Anak Menurut Buya Yahya

Ustadz Adi Hidayat kemudian memberikan contoh selain Puasa Syawal dan puasa Senin Kamis.

Dalam hal ini, ia memberikan contoh mengenai puasa Senin Kamis dengan Puasa Daud.

“Jangankan yang ini, anda puasa Senin Kamis misalkan terus anda pindah ke Puasa Daud. Jadi ketika anda Puasa Daud bisa Senin puasa Selasa tidak, Rabu puasa, nah anda biasa puasa Senin Kamis nah Kamisnya engga usah puasa. Karena Daud itu puasa sehari, sehari lagi tidak,” paparnya.

“Nah anda kalau sudah pindah Senin Kamis berpindah ke Puasa Daud kebiasaan Senin Kamisnya terus dia tercover di Puasa Daudnya. Jadi walaupun puasa Senin Kamisnya anda tidak puasa nah anda sudah dihitung berpuasa karena kebiasaan anda sebelumnya,” lanjutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: