Begini Cara Cerdas dan Elegan Saat Menjawab Pertanyaan

Begini Cara Cerdas dan Elegan Saat Menjawab Pertanyaan

--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Lebaran adalah momen yang paling dinanti dan menyenangkan karena menjadi ajang silaturahmi bersama orang-orang terdekat. Namun sering kali suasana Idul Fitri justru membuat khawatir sebagian orang karena akan mendapatkan pertanyaan terduga yang nggak membuat nyaman. Salah satunya pertanyaan soal kapan nikah.

Meskipun hal ini bukanlah sesuatu yang baru dan mungkin sudah biasa bagi sebagian orang, tapi beberapa yang lain masih kerap dibuat bingung menyiapkan jawaban saat ditanya kapan nikah. Apakah kamu salah satunya? Kalau iya, jangan khawatir lagi. Ada sejumlah tips buat menangani candaan kapan nikah yang diberikan orang terdekat saat lebaran nanti. Ingin tahu seperti apa? Simak informasinya di sini, ya!

Sebagai orang yang masih lajang, pertanyaan "kapan menikah" mungkin jadi salah satu tradisi yang nggak pernah terlepas diberikan oleh orang terdekat di momen lebaran. Baik itu hanya sekadar basa-basi atau memang bertujuan untuk memberikan perhatian. Alih-alih menanggapinya dengan judes, cobalah untuk menjawabnya dengan elegan.

Seperti dihimpun melalui Psychology Today, ada respon terbaik yang dapat diberikan bagi mereka yang masih lajang dan belum menikah. Cobalah menjawabnya dengan pertanyaan balik seperti "mengapa kamu/Anda bertanya?" Selanjutnya jelaskan jika kondisi lajang saat ini membuat kamu bisa menjalani hidup yang terbaik, paling memuaskan, dan paling otentik. Sebelum nanti pada akhirnya bertemu dengan orang yang tepat untuk menikah. 

BACA JUGA:Pemudik yang Curhat Sewa XPander Demi Terlihat Sukses Saat Pulang Kampung

Jawaban yang serius dan lugas semacam ini cenderung lebih dapat diterima oleh pihak yang bertanya. Menjawabnya dengan alasan mengapa kehidupan lajang itu menarik diharapkan bisa memberi mereka pemahaman agar tak lagi menanyakan pertanyaan serupa saat bertemu lagi nantinya. Jika mereka kembali bertanya di kemudian hari, cobalah menanggapinya dengan jawaban serupa hingga mereka hafal dan benar-benar mengerti.

Tak hanya para lajang, mereka yang sudah berpasangan sering kali nggak terhindari dari pertanyaan "kapan menikah" dari orang terdekatnya. Dibanding menjawabnya dengan candaan, cobalah untuk menanggapinya secara cerdas. Seperti diungkap melalui The New York Times, membicarakan bersama pasangan penting untuk dilakukan tentang apa yang akan ungkapkan kepada orang lain.

Sama seperti jawaban mereka yang masih lajang, buat kamu yang sudah punya pasangancobalah untuk menanggapinya dengan serius dan lugas. Seorang terapis bernama Irina Firstein mengungkap setiap pasangan dapat memberi tahu orang-orang kalau mereka akan mencari tahu sendiri jawabannya. Selain itu, penting untuk menjelaskan kalau kalian akan sangat menghargai saat tak ada yang bertanya lagi karena kondisi ini hanya akan 'menekan' kalian. 

BACA JUGA:Lebaran Khas Indonesia Ini yang Bikin Kangen Kampung Halaman, Ini Tradisinya

Asalkan penjelasan tadi diungkap dengan kalimat yang sopan, diharapkan pemahaman bisa lebih cepat tersampaikan. Menjawab pertanyaan "kapan menikah" dengan serius dan lugas menjadi salah satu usaha untuk bisa mengurangi kebiasaan orang-orang yang cenderung sering mencampuri urusan orang lain.(**)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: