Mengenal Istilah Rehabilitasi Medis? Berikut Ini Penjelasannya!

Mengenal Istilah Rehabilitasi Medis? Berikut Ini Penjelasannya!

--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Rehabilitasi medis adalah salah satu tahapan pemulihan bagi pecandu narkoba. Dimana pada Rehabilitasi medis disebut juga detoksifikasi, yang merupakan proses pemeriksaan seluruh kesehatan bagi pecandu baik fisik maupun mental.

Apa Itu Rehabilitasi Medis

Pemeriksaan pada rehabilitasi medis ini dilakukan oleh dokter yang sudah tersertifikasi. Nantinya setelah melalui proses pemeriksaan dokter akan memutuskan apakah pecandu perlu obat tertentu untuk mengurangi gejala sakau atau tidak. Adapun pemberian obat tergantung dari jenis narkoba dan berat ringan gejala sakau.

Adapun dokter ahli mampu menilai berdasarkan kepekaan, pengalaman dan keahlian untuk mendeteksi gejala kecanduan narkoba yang dialami. Selain tahap medis, ada dua tahapan lagi yang dilakukan saat rehabilitasi narkoba.

BACA JUGA:Hati-hati! Santapan Lebaran Ini Bisa Bikin Kolesterol Kumat, Apa Saja?

Tahapan Rehabilitasi Sosial

Dimana tahapan ini dilakukan bersamaan dengan tahapan medis. Rehabilitasi sosial bertujuan untuk membantu pecandu nantinya bisa masuk lagi ke lingkungan sosial di masyarakat seperti manusia normal.

Pada tahapan ini pasien pecandu akan mengikuti kegiatan pemulihan secara terpadu mulai dari konseling, terapi kelompok sampai pembinaan secara spiritual.

Konseling punya manfaat untuk membantu pecandu mengenali masalah yang memicu ketergantungan obat. Hingga pasien nantinya bisa menemukan cara paling tepat untuk lepas dari ketergantungan narkoba. Lalu ada juga yang namanya terapi kelompok dimana Anda akan masuk ke forum diskusi yang anggotanya adalah sesama pecandu. Terapi ini dapat membantu anggota kelompok untuk saling memotivasi dan saling memberikan bantuan berupa support agar sama-sama bisa terbebas dari narkoba.

BACA JUGA:Ini Dia Daftar Buah untuk Penambah Berat Badan Bayi

Tahapan Bina Lanjut

Pada tahapan ini merupakan tahapan terakhir dari serangkaian rehabilitasi narkoba. Tahapan bina lanjut atau after care merupakan proses di mana pasien akan diberikan kegiatan sesuai minat dan bakat. Kegiatan bina lanjut membantu pasien bisa lebih produktif dan kembali bekerja setelah menyelesaikan program rehabilitasi.

Diharapkan pasien nantinya bisa kembali ke masyarakat dan beraktivitas, meski masih dalam pengawasan. Dalam pelaksanaan tahapan bina lanjut ini tentu saja dibutuhkan dukungan dari orang-orang terdekat seperti keluarga, kerabat dan juga masyarakat sekitar. Stigma positif dari masyarakat juga dapat sangat membantu pasien bisa menjalani hidup sehat dan tidak kembali ke jeratan narkoba.

Itu tadi pengertian dari rehabilitasi medis. Dimana pada dasarnya proses rehabilitasi tidak hanya di tahapan medis aja tapi juga ada tahapan sosial hingga bina lanjut. Adapun semua tahapan tersebut memiliki satu tujuan yaitu agar pasien bisa lepas atau putus zat dan pulih. (**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: