Begini Caranya Agar Pinjol Tidak Menghubungi Kontak Darurat-mu!

Begini Caranya  Agar Pinjol Tidak Menghubungi Kontak Darurat-mu!

--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Saat kamu bermasalah dengan pinjaman online karena tidak bisa membayar angsuran. Pihak Pinjol akan melakukan teror terhadap nomor telepon darurat yang kamu miliki.

Terdapat banyak kasus yang sering muncul terkait tindakan yang dianggap mengganggu dari para penyedia layanan pinjol, yakni sering menghubungi kontak darurat seperti keluarga dan teman dekat. 

Ketika kamu mengajukan pinjaman melalui aplikasi pinjol, pihak penyedia layanan akan meminta izin untuk mengakses data pribadi dan kontak di telepon pintar yang kamu gunakan. Hal tersebut dilakukan untuk memeriksa keuangan kamu dan memastikan bahwa kamu memiliki kemampuan untuk membayar kembali pinjaman.

BACA JUGA:Jangan Bayar Pinjol Dengan Cara ini, Jika Tidak Ingin Utang Menumpuk!

BACA JUGA:Pinjol Sadap HP? Ini Tips Mengamankan Agar Data Pribadi Aman

Terkadang penyedia layanan pinjol menyalahgunakan data pribadi dan kontak kamu untuk terus-menerus menghubungi orang terdekat, bahkan hingga menyebabkan kerugian finansial dan reputasi. Lalu, bagaimana cara pinjol tidak menghubungi kontak darurat? Inilah tips jitu agar pinjol tidak menghubungi kontak darurat:

1. Gunakan aplikasi pinjol yang terpercaya

Pilihlah aplikasi Pinjol yang sudah terpercaya dan terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Aplikasi Pinjol yang sudah terdaftar di OJK pasti sudah melalui pengawasan dan regulasi yang ketat, sehingga lebih aman dan terpercaya. Pastikan juga untuk membaca syarat dan ketentuan penggunaan dengan teliti sebelum mengajukan pinjaman.

2. Jangan memberikan akses ke kontak telepon pintar

Pada saat mengunduh dan menggunakan aplikasi Pinjol, pastikan untuk tidak memberikan akses ke kontak telepon pintar. Sehingga, penyedia layanan tidak akan memiliki akses ke data kontak pribadi pengguna. Jangan sampai memberikan izin tanpa membaca detail persyaratan akses yang diberikan.

BACA JUGA:Ini Dia Tips Agar Pinjol Tidak Sebar Data Pribadimu!

BACA JUGA:Begini Caranya Agar Tidak Bayar Bunga dan Denda Pinjol

3. Buat daftar kontak khusus

Sebelum mengajukan pinjaman, buatlah daftar kontak khusus yang hanya berisi nomor telepon orang-orang yang dianggap perlu tahu tentang kegiatan finansial pengguna. Hal ini dapat membantu untuk membatasi akses penyedia layanan Pinjol ke kontak-kontak penting.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: