Mau Mudik Gratis Pakai Kapal Perang TNI AL? Ini Syarat dan Rutenya

Mau Mudik Gratis Pakai Kapal Perang TNI AL? Ini Syarat dan Rutenya

Mudik gratis menggunakan kapal perang-(istimewa)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Mudik Lebaran 2023 tinggal menghitung hari lagi. Menariknya TNI AL turut berpartisipasi dengan menyiapkan kapal untuk masyarakat yang mau mudik. 

Diketahui kapal yang disediakan adalah KRI Banjarmasin dengan keberangkatan dari Jakarta.

"Sudah sepakat kemarin, Kolinlamil akan menggelar KRI dari Banjarmasin dari Jakarta-Semarang-Surabaya, Surabaya-Semarang-Jakarta," kata Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono kepada wartawan, Kamis (13/4).

Namun tidak semua masyarakat dapat menggunakan KRI Banjarmasin tersebut. Menurut Yudo, TNI akan memprioritaskan masyarakat dianggap didahulukan untuk mudik.

BACA JUGA:Program Mudik Gratis Dari Pelindo Sudah Dibuka, Siap-siap Daftar yang Mau Pulang Kampung!

BACA JUGA:Manfaatkan Program Mudik Gratis Idul Fitri 2023, Catat Tanggal dan Mekanismenya

"Ya nanti TNI AD dan AU mungkin nanti dulu, apabila diperlukan kita akan siapkan, tentunya ini kan harus yang betul-betul emergency ya prioritas," ujar dia.

Tak hanya menyediakan armada kapal untuk masyarakat, Yudo mengatakan, TNI nantinya juga akan menyediakan armada bus untuk prajurit yang tidak mendapatkan tugas menjaga keamanan dan akan melaksanakan mudik lebaran.

"Lalu yang mudik bersama ini juga kita acara akan nanti baik TNI AD, AL, AU, dan Mabes TNI untuk mudik bersama khusus prajurit. Kita berangkatkan secara bersama-sama naik bus ke daerah-daerah yang dituju," ujar dia.

Menurut Yudo, mudik gratis naik kapal serta bersama prajurit kerap dilakukan TNI namun sempat terhalang pandemi Covid-19. 

"Nah sekarang sudah selesai Covid-19, kita gelar kembali untuk mudik bareng para prajurit dan keluarganya," ujar dia.

Yudo mengatakan, waktu pemberangkatan akan dilaksanakan pada 19 April dan kembali pada 26 April 2023 mendatang.

"Ya nanti tanggal 19 akan kita gerakan bersama menggunakan kendaraan yang mudik bareng, tidak semua mudik ya nanti kita atur, siapa yang harus jaga, siapa yang harus standby, siapa yang mudik, secara bergantian," ujar Yudo.

Berdasarkan informasi, untuk keberangkatan kapal akan dilakukan sejak 18 April 2023. Kapal berangkat dari Jakarta pukul 09.00 Wib. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: