Menenangkan Diri Saat Merasa Gugup? Ini Dia Tipsnya!

Menenangkan Diri Saat Merasa Gugup? Ini Dia Tipsnya!

--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Semua orang pernah dirundung perasaan gugup. Meski alasannya berbeda-beda, tapi semuanya cenderung merasakan hal yang sama. “Saat gugup, sistem saraf otonom tubuh terpicu,” jelas psikolog kesehatan Grace Tworek, PsyD.

Tworek juga mengatakan bahwa sistem simpatik atau yang dikenal sebagai respons fight-flight sebagian besar tidak disadari. Anda tidak memberitahu tubuh untuk merasa gugup, tapi tubuh yang memahami kapan perlu merespon ancaman nyata atau khayalan.

Saat gugup, Anda mungkin mengalami peningkatan detak jantung dan mulai berkeringat. Anda bahkan mungkin merasa mual dan sesak di dada. Gejala-gejala ini dapat membuat situasi tegang Anda menjadi lebih menantang. Untuk itu, Tworek menyarankan untuk lakukan enam hal mudah berkut dalam mengatasi rasa gugup.

1.Latih pernapasan dalam

Tarik napas dalam secara perlahan. Bernapaslah melalui hidung, isi paru-paru Anda dengan udara. Kemudian, embuskan napas perlahan melalui hidung. Ulangi beberapa kali sampai Anda merasa tenang. “Berfokus pada pernapasan dapat mengalihkan perhatian dari apa pun yang membuat Anda merasa gelisah,” jelas Dr. Tworek.

BACA JUGA:Ini Dia Bekal Makan Praktis Yang Bisa untuk Buka Puasa Saat Mudik

BACA JUGA:Ini Dia Model Hijab yang Wajib Kamu Pakai untuk Lebaran 2023

Gejala gugup jangka pendek juga dapat diatasi dengan cara ini. Teknik pernapasan dalam membantu memasukkan oksigen ke dalam tubuh, sehingga memungkinkan semua sistem jadi lebih tenang dan mematikan alarm bahaya yang dirasa tubuh.

Anda dapat mencoba teknik pernapasan seperti pernapasan 4-7-8, pernapasan lima jari, sebagai cara menenangkan diri. Dan ada banyak aplikasi yang berfokus pada meditasi dan pernapasan.

2. Dengarkan musik yang menenangkan

Kenakan headphone dan dengarkan lagu yang menenangkan. Bayangkan musik klasik atau suara alam. Tapi apa pun jenis musik yang Anda nikmati, baik rap atau heavy metal, pastikan cara ini harus berhasil. “Musik favorit juga bisa jadi cara untuk memfokuskan pikiran pada sesuatu yang membuat kita bahagia di masa lalu,” kata Dr. Tworek.

Penelitian menunjukkan bahwa mendengarkan lagu dapat membantu meredakan kecemasan, serta menurunkan detak jantung, laju pernapasan, dan tekanan darah.

BACA JUGA:Biar Kompak! Ini Dia Daftar Model Baju Seragam Keluarga untuk Lebaran 2023

BACA JUGA:Ini Dia Trend Model Baju Lebaran 2023 Untuk Tampil Simple dan Elegan!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: