Nasi Kapau Berbeda dengan Nasi Padang, Baru Tahu? Ini Penjelasannya

Nasi Kapau Berbeda dengan Nasi Padang, Baru Tahu? Ini Penjelasannya

Perbedaan Nasi Padang dengan Nasi Kapau -(istimewa)-

Perbedaan nasi kapau dengan nasi padang dapat dikenali dari cita rasa jenis kepedasan, rempah-rempah, jenis menu, hingga cara pedagang menata sajian hidangan. 

Uda Sulaiman, pemilik Lapau Nasi Kapau Sabana mengungkap salah satu rahasia yang membedakan nasi kapau dengan nasi padang. 

”Rasa bumbu rempahnya berbeda karena jenis yang digunakan pun berbeda. Misalnya, 13 macam bumbu kering yang dipakai di nasi kapau. Jadi, lebih pedas dan berempah ketimbang bumbu yang biasa dipakai di nasi padang. Pemakaian cabai merah juga lebih dominan,” ungkap Sulaiman. 

Selanjutnya, warung nasi padang biasanya menyajikan menu dalam piring bersusun di etalase kaca dan identik dengan mananting atau aksi pelayan yang membawa sejumlah menu dalam piring-piring kecil di kedua tangannya. 

Sementara lauk di warung nasi kapau seluruh menu makanan ditempatkan di rak-rak dan disusun bertingkat seperti tangga sesuai dengan jenisnya di depan meja panjang tempat pengunjung makan.

Lauk khas nasi kapau yang khas dengan kuahnya akan diletakkan di bagian paling depan. 

Adapun ciri khas penyajian lauk di lapau nasi kapau adalah dengan menggunakan sendok sayur dari batok kelapa bertangkai panjang yang juga menjadi salah satu ciri khas lapau.

Penataan lauk di warung nasi kapau juga tidak lepas dari cara pedagang memudahkan pembeli untuk memilih lauk yang diinginkan. 

Hal ini juga menentukan bagaimana cara pembeli untuk memesan menu makanan di lapau nasi kapau. 

Seperti diketahui, pembeli di rumah makan padang akan duduk terlebih dahulu hingga ada pelayan restoran datang membawakan tumpukan piring kecil berisi pilihan makanan.

Sementara di lapau nasi kapau, pembeli dapat langsung menghampiri dan memilih menu yang tersedia di meja besar. 

Nantinya penjual akan langsung mengambil dan menata nasi kapau lengkap dengan lauk pilihan untuk dibungkus atau disantap di tempat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: