Berkendara Malam Hari Saat Mudik, Ini Tipsnya Agar Tetap Selamat Sampai Tempat Tujuan

Berkendara Malam Hari Saat Mudik, Ini Tipsnya Agar Tetap Selamat Sampai Tempat Tujuan

--

BENGKULUEKSPRESS.COM- Melakukan perjalanan mudik di malam hari seringkali dipilih karena berbagai alasan. Mulai dari terhindar dari cuaca yang panas dan menghindari penumpukan arus lalu lintas di pagi dan siang hari. Namun, melakukan perjalanan malam hari saat Lebaran 2023 tentu memiliki risiko tersendiri terutama dari segi keselamatan.

Apalagi bagi pengemudi yang tidak terbiasa bepergian di malam hari karena akan berisiko menyebabkan kecelakaan karena mengantuk. 

Rasa lelah atau mengantuk yang sering dirasakan ketika sudah malam hari ini bisa menyebabkan risiko kecelakaan. Pada umumnya kasus kecelakaan di jalan terjadi karena tabrakan depan dan belakang antar mobil atau kendaraan yang lepas kontrol. 

Microsleep merupakan salah satu penyebabnya, yaitu tidur singkat atau hilang kesadaran singkat akibat lelah atau mengantuk. Kejadian ini juga cukup sering terjadi di malam hari dan bisa sangat membahayakan. 

Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan saat pergi mudik Lebaran 2023, apa saja tips yang bisa dilakukan?

1. Jaga kesehatan tubuh

Sebelum melakukan perjalanan alangkah baiknya pengemudi memiliki waktu tidur yang cukup. Mulai dari banyak minum air putih dan minum vitamin jika jarak yang kamu tempuh saat mudik cukup jauh. 

Pemudik juga tidak disarankan untuk minum alkohol sebelum melakukan perjalanan mudik. Sebisa mungkin juga hindari mengemudi sambil merokok karena hal itu dapat mengurangi fokus penglihatan.

2. Jangan paksakan mengemudi saat lelah

Sebagian besar kecelakaan terjadi karena pengemudi yang kelelahan dan  mengantuk. Kondisi lelah ditambah jalanan yang lengang dan gelap, akan semakin memperburuk keadaan dan bisa saja memicu terjadinya microsleep. 

Untuk itu, penting untuk memiliki waktu istirahat ketika sedang mengemudi, jangan paksakan jika sudah lelah. Cara lainnya adalah bisa juga bergantian mengemudi dengan anggota keluarga lainnya di rest area.

3. Tidak menyetir lebih dari 4 jam

Menyetir lebih dari 4 jam secara terus menerus dapat menimbulkan kelelahan dan mengantuk. Kelelahan saat berkendara dapat mengurangi kewaspadaan dan membuat kamu lebih rentan terhadap kecelakaan. Menyetir lebih dari 4 jam juga dapat mempengaruhi kesehatan secara keseluruhan dan kondisi mental ketika sedang mengemudi. Jika merasa sudah lelah, sebaiknya bisa memanfaatkan rest area di sepanjang ruas jalan tol.

4. Atur kecepatan mobil

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: