Mengemudi Pada Kecepatan Rendah Justru Bikin Boros BBM, Mitos atau Fakta?

Mengemudi Pada Kecepatan Rendah Justru Bikin Boros BBM, Mitos atau Fakta?

Ilustrasi mengemudi mobil pada kecepatan sedang-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Berbagai cara dilakukan agar mobil bisa lebih hemat BBM. Salah satunya adalah mengemudi dengan kecepatan rendah.

Tapi benarkan cara itu? Menurut Zing, berkendara dengan kecepatan rendah justru akan menghabiskan bahan bakar.

Lebih tepatnya berkendaralah dengan kecepatan sedang jika ingin lebih hemat bensin. Sedangkan berkendara dengan kecepatan terlalu tinggi juga bisa membuat konsumsi bbm boros.

Mengapa begitu? Sebab, mengemudi terlalu lambat malah tak efisien. Mesin berputar pada 1.000-3.000 rpm sementara kecepatan mobil rendah, tak sesuai dengan jumlah putaran Mesin. Maka bahan bakar lebih banyak terpompa untuk setiap siklus rotasi.

BACA JUGA:Sering Telat Ganti Oli, Ini 7 Dampak Buruknya Terhadap Motor, Biaya Perbaikan Tidak Murah

BACA JUGA:Mobil Jangan Terlalu Sering Dijemur, Ini Akibatnya

Saat melaju pelan, hambatan udara lebih sedikit. Sementara melaju kencang akan meningkatkan hambatan. Contohnya, kendaraan dengan kecepatan 80 kpj akan memiliki hambatan udara 8 kali kecepatan 40 kpj.

Meningkatkan kecepatan akan menambah hambatan udara. Jadi mesin harus bekerja lebih keras untuk mengaasi hambatan. Itu kenapa, saat ngebut rasanya perjalanan sebentar tapi bbm habis banyak.

Kendaraan yang melaju pada kecepatan 48-80 kpj dianggap paling efisien bahan bakar. Pengecualian untuk kendaraan yang dirancang menitikberatkan pada aerodinamis. (AMX)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: