Siswa SMK Taruna Ujian Memasak

Siswa SMK Taruna Ujian Memasak

\"SiswaBENGKULU,BE- Sebanyak 12 siswa kelas III SMKS 15 Taruna Kota Bengkulu, Hari Sabtu (9/3) lalu mengadakan ujian Kompentesi Praktik kewirausahaan(KWU). Peserta ujian ini semuanya lelaki. Ujiannyamemasak dengan berbagai menu andalan masing-masing. Masing-masing siswa memasak makanan yang telah ditentukan dari Guru Penguji KWU.

\"Ujian dalam kelas bukanlah hal baru. Setiap siswa kelas tiga ini selalu melakukan ujian praktik ini. Ujian ini untuk membekali   siswaagar kelak terbiasa memasak sendiri,\"ungkap Drs. Agusti sebagai Guru KWU.

Menurut Agusti, ternyata kemampuan siswa laki-laki dalam memasak tidak kalah hebatnya dengan para wanita. Oleh karena itu, Agusti berharap dengan adanya kegiatan praktek seperti ini, Siswa SMK Taruna jadi mandiri terhadap dirinya sendiri. Dalam pelaksanaannya ujian kewirausahaan, diawasi oleh 2 guru penilai. Terdiri dari guru kelas dan Guru KWU sendiri. Sedangkan penilainnya berdasarkan rasa, kebersihan, kerapian, kesungguhan dalam melaksanakan ujian. \"Yang lebih utama kami menilai rasa masakan itu,\"ungkapnya.

Disamping itu, Kepala sekolah SMK Taruna, Drs. Sudirman,M.T.Pd mengatakan, dirinya dan jajaran guru selalu menekankan seluruh siswanya untuk serba bisa, \"Siswa disini dididik semi militer, jadi harus serba bisa. Nanti di kapal tidak ada wanita, siapa yang mau masak, kalau bukan mereka sendiri,\"ungkapnya.

Di SMK Taruna, guru harus menyiapkan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) yang efektif. Para siswa pun harus siap menerima pelajaran. Salah seorang siswa Dodon Siswa Kelas III menuturkan,\"Saya seneng bisa masak sendiri. Nanti kalau kami dikapal nggak tukang masak, terkecuali dari kami sendiri. Jurusan kami ini dituntut serba bisa.” (Cw5)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: