Karnaval Batik Besurek Tingkat Dunia di Kota Bengkulu Diikuti Ribuan Peserta

Karnaval Batik Besurek Tingkat Dunia di Kota Bengkulu Diikuti Ribuan Peserta

Karnaval Batik Besurek rangkaian HUT kota Bengkulu ke 304, Kamis (09/03)-(foto: firman triadinata/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Karnaval batik besurek tingkat dunia dalam rangkaian HUT kota Bengkulu ke 304 digelar Kamis, (09/03/2023). 

Sejak pukul 06.00 WIB peserta yang terdiri dari pelajar/siswa TK, SD, SMP se-Kota Bengkulu, peserta dari OPD, kelurahan, kecamatan dan dari masyarakat umum sudah tiba di berendo.

Karnaval ini diikuti ribuan peserta mulai dari berendo masjid Agung At-Taqwa Kelurahan Anggut, simpang lima, jalan Soeprapto, Pintu Batu hingga Pasar Melintang dan kembali lagi ke Berendo. 

Wakil walikota Dedy Wahyudi melepas langsung peserta karnaval yang juga dihadiri Kajari Bengkulu, Kasdim 0407/Bengkulu, perwakilan Kapolresta Bengkulu, Ketua DPRD Kota Bengkulu, Sekda, Ketua BMA, para asisten, staf ahli dan seluruh kepala OPD.

Pada karnaval batik besurek ini, Dinas Koperasi dan UKM Kota Bengkulu menghadirkan 3 orang juri penilai yang profesional. 

BACA JUGA:Pesta Demokrasi 2024: Pemuda Menentukan Masa Depan Bangsa

BACA JUGA:Pemkot Bengkulu Rancang Lokasi Pasar Kaget di 9 Kecamatan

Diskop UKM juga menyiapkan hadiah uang tunai total Rp 12 juta kepada peserta yang terbagi dari tingkat TK, SD, SMP dan umum/OPD.

Kriteria penilaian, juri melihat dari kekompakan peserta, kesesuaian design, kesesuaian warna, kesesuaian corak, tema yang diangkat dan penampilan/atribut dari maskot.

"Tujuan digelarnya karnaval batik besurek ini agar sejak dini anak-anak diajarkan cinta kepada budaya dan ciri khas daerahnya, salah satunya batik besurek. Pawai batik besurek ini sudah digelar sejak tahun 2017. Ini betul-betul budaya dan khas Kota Bengkulu. Ini juga sekaligus ajang kita mempromosikan batik besurek. Maka dari kecil anak-anak kita ajari cintai batik besurek,” ujar Dedy.

Sementara itu, karnaval batik besurek yang digelar Pemkota Bengkulu bekerjasama dengan BETv ini merupakan sebuah berkah bagi pedagang di Kota Bengkulu yang bisa berjualan langsung ditengah ramainya peserta. (Imn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: