Wisata Bengkulu Mendunia, Pemprov - Korsel Jalin Kerja Sama

Wisata Bengkulu Mendunia, Pemprov - Korsel Jalin Kerja Sama

Pemprov Bengkulu dan BIC menandatangani kerja sama pengelolaan pariwisata dalam Seminar Internasional di Balai Raya Semarak Bengkulu, Kamis (9/2/2023).-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu dan Former Ambassador of Korea melalui Busan Indonesia Center (BIC) menjalin kerja sama bidang pengelolaan wisata di Provinsi Bengkulu. Investor asal Korea Selatan tersebut akan mengelola wisata alam di Provinsi Bengkulu.

Gubernur Bengkulu, Dr H Rohidin Mersyah mengatakan, ada dua potensi wisata strategis yang bisa dikelola, Pantai Panjang dan Danau Dendam Tak Sudah (DDTS).

"Ada dua potensi spot wisata alam tengah Kota. Pantai Panjang dan DDTS bisa dikerjasamakan," kata Rohidin usai pendantanganan kerjasama dengan BIC  dalam Seminar Internasional "Integrasi Pengembangan Pariwisata Bengkulu Mendunia Melalui Promosi Pariwisata di Luar Negeri, di Gedung Daerah Balai Raya Semarak Bengkulu, kemarin (9/2).

Tidak hanya wisata alam, menurut Rohidin ada juga potensi event yang bisa dikerjasamakan dengan investor Korea. Seperti dua event besar 2023 dan 2024 yaitu Festival Pantai Panjang dan Festival Tabut yang sudah berkelas Internasional.

BACA JUGA:Ini 15 Destinasi Wisata di Bengkulu Selatan Layak Dikunjungi

BACA JUGA:8 Destinasi Wisata yang Tidak Boleh Dilewatkan di Curup Rejang Lebong

"Festival Pantai Panjang memang sudah kolaborasi beberapa negara dan  Festival Tabut  berkelas Internasional  dengan keterlibatan budaya Korea akan memberikan warna," tambahnya.

Lalu potensi infrastruktur bisa juga dikerjasamakan dengan Korea Selatan. Rohidin mengatakan, seperti potensi  pembangunan rel kereta, perubahan bandara dan pengembangan Pulau Enggano.

"Ada juga potensi sumber daya alam untuk dikelola seperti panas bumi, potensi tambak di kawasan pesisir Samudera Hindia. Ini beberapa potensi yang bisa dikerjasamakan," tutur Rohidin.

Kerja sama Pemprov dengan  BIC yang langsung dihadiri Prof Dr Kim Soo-il selaku Former Ambassador of Korea dan Direktur BIC Korea, Mrs Jung Songhak menjadi  pembuka bagi Bengkulu dalam mengembangkan berbagai potensi yang dimilikinya.

BACA JUGA:Ini 7 Wisata Menakjubkan yang Wajib Dikunjungi di Kepahiang

BACA JUGA:Sultan Pamerkan Potensi Wisata Danau Gedang Pada Dubes Seychelles

"Kerjasama ini tentunya akan berdampak positif kepada Provinsi Bengkulu," pungkas Gubernur.

Sementara itu,  Former Ambassador of Korea, Prof Kim Soo-il mengatakan potensi yang dimiliki Bengkulu sangat baik sekali. Maka potensi tersebut penting untuk dikelola secara profesional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berita ini sudah tayang di surat kabar bengkulu ekspress