Tahukah Kamu Apa Itu Generasi Sandwich

Tahukah Kamu Apa Itu Generasi Sandwich

Tips keluar dari zona generasi sandwich 2023-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULU, BENGKULUEKSPRESS.COM - Sebutan generasi sandwich tampaknya bukan lagi hal yang asing didengar. Ya, generasi sandwich itu adalah ia yang memiliki banyak tanggungan. Tak hanya diri sendiri tetapi juga pada orang lain seperti orang tua, keluarga dan lain sebagainya.

Berapakah usia generasi sandwich itu?Mereka yang termasuk dalam kategori traditional sandwich generation berusia 40-50 tahun. 

Di usia itu,  mereka harus menanggung kebutuhan anak-anak mereka yang sudah dewasa namun masih memerlukan dukungan finansial, sementara di lain pihak mereka juga harus mengurus orang tua mereka yang sudah lanjut usia.

Dikutip dari laman Bank Indonesia, ada beberapa hal yang dapat dilakukan agar bisa keluar dari Generasi Sandwich di tahun 2023 mendatang, diantaranya: 

BACA JUGA:Viral, Kisah Uang Tabungan Dimakan Rayap

1. Harus optimisi, walau perekonomian global sedang dilanda ketidakpastian, namun perekonomian Indonesia masih di prakirakan tetap positif ditahun 2023 dengan angka kisaran 4,5% - 5,3%.

2. Mengembangkan peluang bisnis.

Konsumsi rumah tangga Indonesia masih tercatat baik dengan pertumbuhan 5,39%. Artinya potensi pendapatan masyarakat Indonesia yang siap dibelanjakan masih cukup.

3. Gunakan penyaluran kredit dari perbankan secara baik dan benar.

4. Atur strategi keuangan dan bisnis dengan benar.

Nah bagi kalian yang menjadi generasi sandwich bisa banget dilakukan hal-hal diatas. Supaya bisa terputus dari generasi sandwich untuk ekonomi yang lebih baik. (tri).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: