FT Unib Bengkulu Buat Kompos dari Limbah Organik Rumah Tangga Menggunakan Bioaktivator

FT Unib Bengkulu Buat Kompos dari Limbah Organik Rumah Tangga Menggunakan Bioaktivator

-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULU, BENGKULUEKSPRESS.COM - Tim pengabdian kepada masyarakat Fakultas Teknik (FT) Unib, terdiri dari  dosen dan mahasiswa   mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat FT Unib,  kepada warga masyarakat RT 30, RW 08 kelurahan  Sawah Lebar Baru. Kegiatan ini merupakan lanjutan dari kerjasama antara FT Unib dengan Kelurahan Sawah Lebar Baru yang telah dilakukan sebelumnya pada tahun 2021 lalu. 

Pengabdian ini bertujuan untuk  alih teknologi pembuatan kompos dari limbah organik rumah tangga, dengan menggunakan bioaktivator, yang dapat mempercepat proses pembuatan kompos.  Tim ini terdiri dari dua kelompok. 

Kelompok pertama diketuai oleh Yovan Witanto S.T.,M.T dan kelompok kedua diketuai oleh Fepy Supriyani S.T.,M.T. Kegiatan pertama  dilaksanakan tanggal 21 Oktober 2022, yang diawali dengan penyampaian materi tentang pentingnya pemisahan sampah organik untuk dapat dijadikan kompos.  Kegiatan ini diakhiri dengan pemberian tempat sampah plastik kepada warga untuk menampung sampah organik sebagai bahan kompos.

Penyampaian materi tentang pentingnya pemisahan sampah organic untuk dapat dijadikan kompos.  dihadiri oleh perwakilan warga dan ketua RW 08 , Zainudin.

Kegiatan selanjutnya yakni Praktik pembuatan kompos yang dilaksanakan pada tanggal 12 November 2022 yang dihadiri oleh Lurah Sawah Lebar Baru, Nellywati, S.PKP,  Ketua RW 08, Zainudin  dan Ketua RT 30, Ariswandi. 

Praktik pembuatan kompos ini dipandu oleh warga RT 29, Fakhrurahman, yang merupakan peserta pengabdian FT Unib tahun 2021, yang telah berhasil memproduksi kompos dari bahan sampah organik rumah tangga.

Praktik pembuatan pupuk kompos dengan menggunakan komposter dan bioaktivator ini, nantinya akan dilakukan monitoring dan evaluasi kurang lebih  2 bulan hingga diperoleh produk kompos yang siap digunakan. 

Lurah Sawah Lebar Baru, Nellywati, S.PKP juga siap untuk menampung kompos yang dihasilkan warga, untuk digunakan di kelurahan sawah lebar baru nantinya.  Kegiatan ini diakhiri dengan pemberian komposter bag dan bioaktivator kepada warga. Praktik langsung pembuatan pupuk kompos dengan menggunakan komposter dan bioaktivator.(rilis) 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: