Ratusan Tukang Konstruksi di Kota Bengkulu Ikuti Sertifikasi Kompetensi Kerja

Ratusan Tukang Konstruksi di Kota Bengkulu Ikuti Sertifikasi Kompetensi Kerja

Asisten I Eko Agusriyanto saat menyematkan kelengkapan tukang yang akan menjalani sertifikasi-(foto: firman triadinata/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULU, BENGKULUEKSPRESS.COM - Pemkot Bengkulu melalui Dinas PUPR menggelar kegiatan sertifikasi kompetensi kerja (SKK) jasa konstruksi terhadap ratusan tukang bangunan di Kota Bengkulu.

Pelatihan ini digelar untuk meningkatkan kemampuan para tukang dan mendapatkan sertifikat pelatihan sebagai modal meyakinkan klien. Sertifikat ini nantinya juga menjadi syarat bagi para tukang untuk mendapatkan pengerjaan proyek pemerintahan.

Asisten I Pemkot Bengkulu, Eko Agusrianto, yang membuka kegiatan tersebut mengatakan sangat mendukung program tersebut untuk peningkatan skill para tukang jasa konstruksi di Kota Bengkulu pada era globalisasi sekarang ini. Sertifikasi ini juga untuk memberi ruang bagi para tukang untuk bersaing berdasarkan skill dan administrasi.

"Mudah-mudahan dengan program ini dapat memberi ruang peningkatan kualitas. Sehingga pekerjaan dari para tukang ini kualitasnya terjaga, secara administrasi dapat dipertanggungjawabkan sehingga tidak menimbulkan dampak yang lain. Dengan sertifikat yang didapat para tukang ini nantinya mereka bisa mengikuti tender proyek pemerintahan," jelas Eko, Rabu (19/10/2022).

BACA JUGA:Peningkatan Perlindungan WNI di Luar Negeri

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR kota Noprisman menjelaskan di jaman kemajuan tekhnologi dan persaingan yang ketat ini para tukang juga dituntut untuk lebih profesional dan meningkatkan skill pertukangannya. Proses ini juga tidak mudah bagi tukang untuk mendapatkan sertifikasi karena akan melalui ujian teori dan praktek langsung.

"Yang menguji kompetensi ini  bukan kita, melainkan dari asosiasi dan Balai Jasa Konstruksi Sumatera Selatan. Para pemberi materinya ini sangat berkompeten dan ahli dibidangnya. Dan ujiannya ini akan langsung dilaporkan ke pusat, jadi tidak mudah mentang-mentang di kota Bengkulu bisa langsung mengeluarkan sertifikat," jelasnya.

Noprisman meyakini dari pengalaman sebelumnya, sertifikat yang didapat para tukang ini nantinya akan sangat dihargai masyarakat dan sangat direkomendasi bagi masyarakat untuk menggunakan jasa tukang yang sudah mengantongi sertifikat. Saat ini di kota Bengkulu sudah sekitar 200 tukang yang sudah memiliki sertifikat dan ini merupakan kali ke 4 Dinas PUPR melakukan pelatihan terhadap para tukang. (Imn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: