BMKG Bengkulu Peringatkan Potensi Hujan Lebat Masih Akan Terjadi

BMKG Bengkulu Peringatkan Potensi Hujan Lebat Masih Akan Terjadi

Zen Putri Al'iyya Lestari, Forecaster Bmkg Bengkulu.-(foto: nur meissuary/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULU, BENGKULUEKSPRESS.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi BENGKULU, memperingatkan bahwa di wilayah BENGKULU masih berpotensi diguyur hujan lebat hingga tanggal 2 September mendatang.

Diungkapkan Forecaster BMKG Bengkulu, Zen Putri Al'iyya Lestari, bahwa prakiraan BMKG Bengkulu masih berpotensi diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.

Hal itu berlaku hampir untuk semua wilayah yang ada di Provinsi Bengkulu, akan tetapi tidak merata terjadi.

"Untuk besok hingga tanggal 2 September masih berpotensi terjadi hujan sedang hingga lebat hampir disemua wilayah di Bengkulu," ungkap Zen, Selasa (30/8).

Sejak hari Sabtu yang lalu, pihaknya telah menguarkan peringatan potensi hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi untuk 7 hari kedepan.

Hal tersebut lantaran banyak awan hujan yang terbentuk sehingga kemungkinan untuk menyebabkan bencana alam cukup besar.

"Sejak tanggal 27 hingga 2 September kami memang kami melihat banyak potensi yang membentuk awan hujan yang cukup lebat dan kita sudah memberikan warning," jelas Zen.

Selain itu, gelombang laut di Provinsi Bengkulu pun juga berpotensi terjadi gelombang tinggi yang mencapai 4 meter hingga besok hari.

"Tinggi gelombang laut Bengkulu mulai malam ini hingga besok berdasarkan pantauan kita masih tinggi 2,5 sampai 4 meter," sambun Zen.

Maka dari itu, pihaknya menghimbau agar masyarakat tetap mewaspadai apabila terjadi hujan lebat yang berlangsung lama, khususnya diwilayah rawan bencana seperti banjir dan tanah longsor.

"Untuk masyarakat mohon diwaspadai bila daerahnya rawan banjir dan tanah longsor apabila terjadi hujan dengan intesitas hujan hingga lebat dan berlangsung untuk waktu yang lama," tutup Zen.(CW2/Suary).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: