Pembangunan Rumah Sakit Tino Galo di Kota Bengkulu Sudah 95 Persen

Pembangunan Rumah Sakit Tino Galo di Kota Bengkulu Sudah 95 Persen

Eks kantor Dinas Perhubungan Kota Bengkulu yang dialihfungsikan menjadi RSTG khusus bersalin.-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULU, BENGKULUEKSPRESS.COM - Pembangunan fisik Rumah Sakit Tino Galo (RSTG) yang diperuntukan khusus bagi ibu dan anak milik Pemkot Bengkulu sudah 95 persen dan diperkirakan akan selesai pada tahun ini. 

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Bengkulu, Sri Martiana mengatakan, RSTG ini pun direncanakan akan segera dilaunching pada akhir Agustus 2022 ini. Nantinya rumah sakit ini khusus diperuntukan untuk proses persalinan atau melahirkan bagi warga Kota Bengkulu.

Dikhususkannya rumah sakit bersalin ini juga untuk melindungi atau mengantisipasi bayi dan ibu terserang berbagai macam virus yang berpotensi membahayakan keduanya.

BACA JUGA:4 SPBU di Kota Bengkulu Tangguhkan Penyaluran Solar Subsidi, Ini Alasannya!

"Tahun ini Insyallah pembangunan fisiknya selesai. Kalau tidak ada halangan akhir Agustus ini akan kita launching. Nah setelah itu tinggal lagi kita memasukan peralatan medisnya beserta sumber daya manusianya. Diharapkan nanti rumah sakit ini bisa memberi manfaat dan proteksi bagi ibu dan bayinya," jelas Martiana, Kamis (11/08).

Sebelum launching, lanjut Martiana, Dinkes akan melakukan visitasi atau diadakannya kunjungan tim asesor ke RSTG dalam rangka pengamatan lapangan, wawancara dengan warga sekitar, verifikasi data pendukung, serta pendalaman hal-hal khusus yang berkaitan dengan komponen dan aspek akreditasi. Sehingga setelah proses itu selesai bisa diterbitkan untuk izin operasionalnya.

Sementara itu dari sisi anggaran, Pemkot Bengkulu masih terkendala keterbatasan dengan APBD yang ada dan memfokuskan penyempurnaan pada tahun 2023 mendatang. Namun jika RSTG sudah bisa beroperasi pada September 2022 ini, RSTG merupakan rumah sakit khusus bersalin yang pertama dan satu-satunya yang ada di Kota Bengkulu. (Imn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: