Gubernur Hentikan Sementara Aktivitas Tambang Besi di Kabupaten Seluma

Gubernur Hentikan Sementara Aktivitas Tambang Besi di Kabupaten Seluma

Gubernur Bengkulu, DR drh Rohidin Mersyah MMA saat diwawancarai wartawan di Balai Raya Semarak Bengkulu.-(foto: asuary/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULU, BENGKULUEKSPRESS.COM - Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, Minggu mengatakan, perusahaan tambang besi PT Faming Levto Bakti Abadi yang beroperasi di Desa Pasar Seluma, Kecamatan/Kabupaten Seluma, akan ditutup sementara.

Penutupan tersebut dilakukan, sebab ditemukan pelanggaran yang telah terbukti di lapangan, yaitu adanya aktivitas fisik penggalian dan penambangan, dibuktikan dengan adanya tumpukan pasir besi, katanya di Bengkulu.

Kemudian adanya lobang bekas galian yang telah ditutup serta adanya perusakan hutan pantai akibat aktivitas pertambangan.

"Maka harus dihentikan sementara waktu hingga perusahaan tersebut melengkapi dan memenuhi kaidah-kaidah perizinan yang lengkap," kata Rohidin.

Ia meminta kepada Inspektur tambang Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) untuk meneliti pelanggaran dan kerusakan yang telah dilakukan oleh PT Faming Levto Bakti Abai serta dokumen-dokumen persyaratan perizinan yang belum dipenuhi.

Selain itu, dirinya akan menyampaikan surat kepada Kementerian ESDM untuk melakukan penutupan, sebab yang berhak melakukan penutupan perusahaan tambang itu merupakan kewenangan pusat.

"Namun ketika ditemukan fakta-fakta di lapangan, kita bisa memberikan teguran keras dengan menghentikan sementara operasional perusahaan tersebut," ujarnya.

Sebelumnya, tim terpadu seperti Inspektur tambang, dinas ESDM provinsi, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK), Dinas Kelautan dan Perikanan, Badan Kesbangpol Provinsi. BKSDA Seksi wilayah II, serta tim dari Pemkab Seluma melakukan pemeriksaan di lokasi tambang besi tersebut.

Dalam pemeriksaan tersebut, tim terpadu meninjau adanya bekas galian yang diduga telah ditutup oleh pihak perusahaan dan meninjau jarak bibir pantai dengan titik penambangan.

Pewarta: Anggi Mayasari

Berita ini sudah tayang di bengkulu.antaranews.com dengan judul gubernur hentikan sementara aktivitas tambang besi di kabupaten seluma

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: