Pemkot Bakal Siapkan DAK untuk Kebutuhan Proses ANBK

Pemkot Bakal Siapkan DAK untuk Kebutuhan Proses ANBK

BENGKULU, bengkuluekspress.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu kedepan berencana akan menyiapkan dana alokasi khusus (DAK) untuk kebutuhan terkait Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) di Kota Bengkulu. Hal ini disampaikan Wakil Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi didampingi Plt Kadisdik Nopri Walihan Aksa saat meninjau proses pelaksanaan ANBK di SMPN 2 dan 22, Senin (4/10). “Kita tadi meninjau pelaksanaan ANBK di SMP 2 dan 22 untuk memastikan ada kendala atau tidak. Kalau di SMP 22 tadi ada kendala jaringan, sedangkan di SMP 2 dia memodifikasinya, jadi sebelum online mereka menggunakan semi online. Inovasi dan kreatifitas inilah yang dibutuhkan di tengah keterbatasan,” kata Dedy. Dedy menjelaskan saat ini anggaran sedang disusun dan berharap PAD segera normal. Agar bisa menopang dana pusat dalam pembangunan di Kota Bengkulu. “Insya Allah rencana pusat ini kita respon, seperti contoh pembangunan kota tuo, itukan dana dari pusat dan dibantu dana daerah. Itulah yang akan kita lakukan,” tambah Dedy. Untuk diketahui, BNSP (Badan Nasional Standarisasi Pendidikan) sebuah badan turunan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) telah mengganti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) menjadi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Secara umum, ANBK adalah penilaian yang dilakukan di setiap jenjang sekolah, mulai dari SD, SMP, SMA/SMK sederajat. Berbeda dengan UNBK yang dilaksanakan pada akhir tahun sekolah, ANBK dikerjakan di kelas 5 SD, 8 SMP, dan 11 SMA. Program ANBK ini tidak akan mengevaluasi capaian murid secara individu, tetapi mengevaluasi dan memetakan sistem pendidikan berupa input, proses, dan hasil. Penilaian ANBK sendiri terdiri dari tiga bagian, yakni Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, Survei Lingkungan Belajar. (Imn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: