Perbaikan Irigasi Diplot Rp 6,2 M

Perbaikan Irigasi Diplot Rp 6,2 M

KOTA MANNA, BE – Pemerintah daerah menggelontorkan dana sebesar Rp 6,2 miliar untuk perbaikan irigasi di tahun ini. Dana sebesar itu akan disebar untuk 10 kecamatan yang membutuhkan perbaikan sarana itu. \"

\"Anggaran yang disiapkan pemerintah itu untuk mendukung peningkatan hasil pertanian dengan melakukan perbaikan irigasi,\" ujar Plt Kadis PU, M Ridwan Arif MSi melalui Kabid Pengairan M Lubis SSos.

Menurutnya dengan dana sebesar itu, hanya Kecamatan Kota Manna yang tidak mendapatkan alokasi pengerjaan. Hal itu dikarenakan di wilayah itu tidak ada jaringan irigasi besar dan  areal persawahannya pun  tidak banyak.

Sepuluh kecamatan yang mendapatkan perbaikan irigasi meliputi Kecamatan Pasar Manna, Kecamatan Manna, Kecamatan Bunga mas. Kemudian Kecamatan Kedurang, Kedurang Ilir, Air Nipis dan juga Seginim. Lalu Kecamatan Pino Raya, Pino serta Kecamatan Ulu Manna. \"Dana itu tidak dipergunakan untuk pembuatan jaringan irigasi baru,\" jelasnya.

Hanya saja untuk saat ini pihaknya belum dapat langsung merealisasikan perbaikan jaringan irigasi itu. Pasalnya dana milyaran rupiah  itu dengan rincian Rp 3,7 miliar dari Dana Alokasi Khusus (DAK) yang digunakan untuk perbaikan 24 item jaringan irigasi. Lalu dana alokasi Umum (DAU) sebesar Rp 2,1 miliar untuk perbaikan 13 item jaringan serta dari APBD 2013 sebesar Rp 484,26  untuk pemeliharaan 33 item jaringan irigasi.

Saat ini Dinas PU masih melakukan penyusunan daftar Penerima Anggaran (DPA).\"Setelah itu akan kami umumkan lewat LPSE untuk penentuan kontraktor dan mudah-mudahan pada pertengahan tahun sudah mulai dikerjakan,\". (369)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: