KPU Kota Bengkulu Tambah 3 TPS di Lapas dan Rutan

KPU Kota Bengkulu Tambah 3 TPS di Lapas dan Rutan

BENGKULU, bengkuluekspress.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bengkulu bakal menambah 3 Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk pemilih di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan (Rutan). Masing-masing TPS yang akan ditambah yakni Lapas Bentiring, Lapas perempuan dan Rutan Malabero. Hal tersebut disampaikan Ketua KPU Kota Bengkulu, Martawansyah, setelah melakukan rapat koordinasi bersama Bapas dan pihak Dukcapil Kota Bengkulu. Berdasarkan surat edaran KPU RI, dimungkinkan untuk membentuk TPS baru untuk di lapas dan rutan.

\"Berdasarkan hasil rapat koordinasi kita bersama pihak Bapas, Rutan dan Dukcapil intinya kita mendasari surat edaran KPU RI. Jadi kita menambah 3 TPS untuk di Rutan Malabero, Lapas Bentiring dan Lapas perempuan dan anak,\" jelas Martawansyah, Jumat (02/10).

Menurut dia pemilih lapas memiliki hak yang sama seperti masyarakat lainnya pada pemilu tahun ini, sehingga KPU memberi fasilitas dengan menambah TPS. Ia juga menyebutkan, penambahan TPS juga sebagai antisipasi kekhawatiran soal keamanan, terutama jika pemilih dari lapas memilih di TPS yang berada di luar lokasi tahanan.

\"Nanti mereka melakukan proses pemungutan suara dari dalam lapas. Untuk panitia KPPSnya juga nanti dari para sipir yang dinas disana,\" tambah Martawansyah.

Untuk sementara, pihak KPU belum bisa memastikan jumlah pasti mata pilih yang ada di dalam rutan dan lapas. Untuk saat ini, jumlah total mata pilih di rutan dan lapas masih dalam proses pendataan. (Imn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: