Presiden Hanya Resmikan Monumen Ibu Fatmawati

Presiden Hanya Resmikan Monumen Ibu Fatmawati

BENGKULU, Bengkulu Ekspress– Presidin Joko Widodo kembali menginjakkan kakinya di Bumi Rafflesia.Kedatangan presiden itu dari rencana awal akan mengajak ibu negara Iriana Jokowi, namun sepertinya tidak jadi.

Gubernur Bengkulu, Dr H Rohidin Mersyah mengatakan kedatangan presiden sangat ditunggu untuk meresmikan monumen Fatmawati, peletakaan batu pertama pembangunan jalan tol, operasi perdana PLTU 2x100 MW dan peresemian IAIN menjadi Universitas Islam Negari (UIN).

“Rapat finalisasi, presiden tetap datang ke Bengkulu,” terang Rohidin kepada BE, kemarin (4/2).

Meski telah menyiapkan 4 agenda besar, hasil rapat finalisasi, Presiden hanya akan meresmikan monumen Fatmawati yang ada di simpang Lima Kota Bengkulu. Bahkan keberadaan presiden di Bengkulu, hanya sekitar 3 jam. Lantaran presiden memiliki agenda lain di Istana Negara pada pukul 15.00 WIB.

Artinya, kegiatan presiden akan terpusat di Simpang Lima Kota Bengkulu. Terpenting, menurut Rohidin, dengan kahadiran presiden ke Bengkulu, bisa mempercepat semua program strategis nasional (PSN) di Bengkulu.“Hadirnya presiden, tentu akan menjadi angin segar, atas diperhatikannya Bengkulu,” ungkapnya.

Sementara itu, terkiat rencana peletakaan batu pertama pembangunan jalan tol tahap pertama Betungan-Taba Penanjung, kondisinya sudah siap untuk dimulai pembangunannya. Bahkan Gubernur sudah secara langsung mengecek kondisi lokasi peletaan batu pertama, yang dijadwalkan batal ke Taba Lagan Bengkulu Tengah. “Tadi (kemarin,red) sudah sudah memastikan kesiapan pembangunan jalan tol dan dilapangan sudah berjalan,” ujar Rohidin.

Saat ini tidak ada masalah lagi, untuk mempercepat pembangunan jalan tol. Bahkan alat berat, dan pekerjaan sudah siap semua. Ketika nantinya presiden berubah pikiran untuk jadi meletakan batu pertama, maka akan tempat mempercepat pembangun jalan tol berdana di Provinsi Bengkulu tersebut. “Sekarang sudah ada beberapa sport yang sudah bisa dikerjakan,” ungkapnya.

Bahkan gubernur telah mendapatkan kepastian dari PT Hutama Karya (HK) sebagai pelaksana pekerjaan jalan tol, pada bulan Maret maupun April, badan jalan tol sudah terbangun. “Semakin cepat pembangunan jalan tol ini akan semakin baik. Karena akan mempercepat ekonomi Bengkulu,” tandas Rohidin.

Sesuai rencana, Presiden akan datang bersama rombongan dan beberapa meteri. Seperti Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, Ketua DPR RI Puan Maharani, Ketua DPP PDI-P Megawati, Pangdam II Sriwijaya, Wakil Ketua DPD RI Sultan B Najamudin dan beberapa tamu penting lainnya.

Pelajar Bengkulu Sambut Presiden Dinas Pendidikan dan kebudayaan provinsi Bengkulu akan mengerahkan ratusan siswa/siswi untuk menyambut kedatangan presiden Joko Widodo saat tiba di Bengkulu. \"Pada prinsipnya Dinas Disdikbud sudah siap menyambut kedatangan presiden RI Joko Widodo di Bengkulu, \" ungkap Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu, Eri Yulian Hidayat MPd.

Saat kedatanganya nanti, seluruh siswa dari tingkat Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas serta Sekolah Menengah Kejuruan akan menyambut disepanjang jalan yang dilewati presiden.

Sekolah mana saja yang akan dikerahkan, saat ini tengah koordinasi dengan pemerintah kota Bengkulu karena kewenangan SD dan SMP ada di kota Bengkulu. Pada saat penyambutannya, para siswa yang didampingi guru akan membawa miniatur bendera merah putih, sehingga suasana akan terlihat semarak saat rombongan melintas.

Disinggung apakah pelajar akan diliburkan, Eri menegaskan walau kedatangan RI 1 ke Bengkulu, tidak akan menganggu aktifitas belajar mengajar di sekolah.

\"Semua sekolah tetap melaksanakan rutinitas seperti biasa, terkecuali sekolah yang dilalui presiden,\" tukasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bengkulu, Dra Rosmayetti MM mengatakan pemerintah kota Bengkulu telah menyebarkan surat edaran pergerakan siswa penyambutan presiden RI Joko Widodo.

Penyambutan orang nomor satu di Indonesia ini, maka proses pelaksanaan kegiatan belajar mengajar fakultatif, pasalnya seluruh siswa yang berada dikawasan jalan yang dilalui presiden akan disambut siswa dengan menggunakan miniatur bendera. \"Siswa/siswi besok belajar fakultatif, mereka sudah berada dikawasan jalan yang dilintasi presiden,\" jelasnya.

Masing-masing siswa bersama kepala sekolah, guru menyiapkan barisan di lokasi depan sekolah sejak pukul 7.00 WIB hingga 09.30 WIB.

Beberapa sekolah yang akan menyambut kedatangan Presiden RI diantaranya SDN 20, SDN 74, MTsN 1, SDIT Rabbani, SDN 36, SDN 02, SMPN 05, SMPN 04 kota Bengkulu. (247/151)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: