Lima Perwakilan Balongub Bengkulu Jalur Independen Hadiri Sosialisasi KPU

Lima Perwakilan Balongub Bengkulu Jalur Independen Hadiri Sosialisasi KPU

BENGKULU, bengkuluekspress.com - Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bengkulu, Emex Verzoni mengatakan, ada lima Liaison Officer (LO) atau perwakilan bakal calon gubernur (Bacagub) Bengkulu mengikuti sosialisasi terkait dukungan jalur perseorangan atau independent pada Pilgub 2020.

Hal itu diungkapkan Emex usai menghadiri Coffee Morning menyongsong pemilihan Gubernur Bengkulu 2020, Rabu (18/12). \"Jadi ada 5 LO atau perwakilan yang mengikuti sosialisasi. Terkait nantinya mereka mendaftar atau tidak bisa dilihat pada saat penyerahan berkas yang kita buka sejak 16 Desember hingga 20 Februari 2020,\" kata Emex, Kepada Bengkuluekspress.com, Rabu (18/12).

Dikatakan Emex, kelima perwakilan calon kandidat diantaranya yang mengikuti itu yakni mantan Gubernur Bengkulu Junaidi Hamsyah, Bupati Rejang Lebong Ahmad Hijazi, anggota DPD RI Ahmad Kannedi, Suciwati dan David Suardi. Menurutnya pada calon kandidat yang maju melalui jalur perseorangan harus menyerahkan dukungan minimal sebanyak 139.911 KTP dukungan yang tersebar di enam Kabupaten.

Paslon, lanjut Emex, juga harus menyiapkan satu pernyataan untuk setiap KTP elektronik dukungan. Surat pernyataan yang dimaksud harus dibuat untuk setiap KTP-el pada form B1-KWK yang langsung ditandatangani masyarakat pemilik KTP.

\"Seluruh dukungan ini akan diverifikasi langsung di lapangan, atau door to door (dari rumah ke rumah), memastikan jumlah dukungan yang diberikan,\" ungkapnya

Hasil dukungan masyarakat itu, ujar Emex, menjadi dasar bagi calon dalam melakukan pendaftaran pada Pilkada serentak 2020 yang dimulai pada 16 - 18 Juni 2020. Pendaftaran itu juga berlaku bagi calon kandidat yang maju melalui Partai Politik (Parpol). \"Persyaratan independent pada Pilkada serentak memang diperketat. Kalau dulu untuk dukungan sifatnya kolektif,\" ujar mantan Komisioner KPU Bengkulu Selatan ini.(HBN)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: