Tak Hormati Camat, Kades Dikumpulkan

Tak Hormati Camat, Kades Dikumpulkan

\"\"LEBONG, Bengkulu Ekspress – Tidak mengikuti keinginan kepala desa (Kades), Camat banyak menerima ancaman dari para Kades. Menyikapi hal tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong akan menjadwalkan melakukan pemanggilan kepada seluruh Kades untuk membicarakan keluhan para camat.

Seperti yang disampaikan salah seorang camat yang tak ingin disebutkan namanya mengatakan, bahwa selama ini dirinya seperti tidak dianggap sebagai camat yang merupakan salah satu pimpinan utama di setiap kecamatan oleh kades.

“Mereka menganggap bahwa seorang camat itu hanya sebagai penyambung administrasi pemerintahan,” jelasnya, kemarin (29/7).

Sementara mereka (kades) merupakan seorang pimpinan di wilayah tersebut berdasarkan hasil pemilihan kepala desa. Dimana ketika adanya kesalahan di desa dan para camat menegur, bukannya menurut apa yang disampaikan malah para camat dijadikan musuh bahkan diancam dengan berbagai macam ancaman.“Jangan kita menegur kesalahan mereka (kades), kita pasti didatangi dan para kades berkata sesuka hati mereka,” sampainya.

Untuk itulah dirinya mewakili para camat lainnya, agar pihak Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) dan Dinas Pemeberdayaan Masyarakat Desa dan Sosial (PMDS) Kabupaten Lebong, untuk bisa mengumpulkan seluruh Kepala desa bersama camat untuk membahas masalah tersebut.“Agar mereka tahu bahwa kami (camat ) juga merupakan pimpinan mereka,” pintanya.

Menyikapi hal tersebut, Kepala Bappeda Kabupaten Lebong, Ir Eddy Ramlan MSi mengatakan, bahwa dalam waktu dekat pihaknya bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait akan mengmpulkan seluruh Kades.“Kita kumpulkan seluruh Kades dan langsung dipimpin bapak Bupati, karena nanti bakal banyak penekanan-penekanan,” sampainya.

Ditegaskan Eddy, bahwa banyak kegiatan yang ada di desa hanya bisa dilakukan ketika adanya persetujuan atau diverifikasi camat. Selain itu juga, dari sampaian para camat bahwa sempat ada kades yang mengatakan bahwa camat tidak bisa memecat seorang kades. “Namun setelah ditanya langsung kepada Bupati, bahwa Camat bisa memecat kades,” ucap Eddy.(614)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: