Hari ini, Besaran Zakat Ditetapkan

Hari ini, Besaran Zakat Ditetapkan

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress - Besaran Zakat Fitrah pengganti beras tahun 1441 Hijriah untuk Kabupaten Kaur, hingga saat ini belum diketahui secara pasti. Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kaur akan menggelar rapat penentuan zakat fitrah pada dengan melibatkan sejumlah instansi terkait hari ini Selasa (21/4).

“Ya insyaAllah besok (hari ini) sekitar pukul 09.00 WIB kita akan menggelar rapat penetapan besaran zakat fitrah,” kata Kepala Kemenag Kaur Drs. H. Zainal Abidin MH melalui Kasi Binmas Drs Herli Suheri kemarin (20/5).

Dikatakan Herli, dalam rapat dilaksanakan di aula Kantor Kemenag dengan melibatkan beberapa pihak. Mulai Disperindagkop, MUI, Baznas dan sejumlah organisasi Islam. Dimana dalam penentuan besaran zakat fitrah, mengikuti perkembangan harga bahan pokok di pasar yang ada di wilayah Kaur. Untuk itu, masyarakat diminta menunggu keputusan yang akan ditetapkan.

“Nanti kita akan berkoordinasi dengan pihak lain. Termasuk mengetahui harga-harga beras yang berlaku saat ini. Itu akan disesuaikan dengan nilai zakat fitrah yang ditetapkan,” terangnya.

Ditambahkannya, besaran zakat akan disesuaikan dengan tingkat perekonomian masyarakat. Patokannya, nilai zakat yang dibayarkan disesuaikan dengan beras yang dimakan sehari-hari oleh wajib zakat. Selain penetapan nilai zakat fitrah, rapat membahas terkait fidyah dan mengimbau kepada masyarakat untuk menunaikan melalui badan amil zakat. Juga diimbau tidak diberikan kepada perorangan agar pembagian zakat kepada mereka yang berhak menerima bisa dilakukan secara merata.

“Untuk penyaluran zakat fitrah dalam bentuk kebutuhan pokok atau nominal uang, kita menyerahkan sepenuhnya kepada masyarakat yang hendak zakat fitrah. Nanti zakat fitrah menjadi tiga kategori, untuk beras jenis manggis, beras jenis IR dan beras Raskin,” jelasnya. (618)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: