49 KK Bakal Tempati Trans Kedataran

49 KK Bakal Tempati Trans Kedataran

MAJE, Bengkulu Ekspress - Kosongnya Unit Pemukiman Transmigrasi (UPT) Desa Kedataran Kecamatan Maje, dalam waktu dekat bakal segera diisi oleh penduduk lokal. Kekosongan ini lantaran dari 198 pemukiman UPT Kedataran terdapat 49 KK kondisi pemukimannya kosong.

\"Ya ada 49 pemukiman yang kosong, semuanya akan dihuni oleh penduduk lokal,\" kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kaur, Yuhardi ST melalui Kabid Transmigrasi Dinas Transmigrasi Ir Darselin berapa hari lalu.

Dikatakan, sebelumnya sebanyak 49 KK sudah mendapatkan pemukiman dan juga lahan untuk dikelola, namun kenyataannya sejumlah KK itu tak mampu bertahan atau ada hal lain membuat mereka meninggalkan pemukiman dan meninggalkan sejumlah lahan dan fasilitas yang ada.

“Calon penghuninya sudah ada, mereka penduduk lokal hanya saja kita ingin melihat dulu apakah memang serius untuk mengelola lahan, jangan sampai nanti mereka hanya mengejar lahan namun tak menempati pemukiman yang disediakan,\" ujarnya.

Ditambahkannya, sebelumnya para penghuni itu berasal dari luar Sumatera yakni pulau Jawa dan didatangkan selama beberapa tahap. Namun sepertinya mereka kurang betah sehingga meninggalkan pemukiman yang sudah mereka tempati. Dimana mereka menghuni lokasi itu ada yang hampir satu tahun sayangnya tak ada alasan jelas mereka meninggalkan lokasi. “Ini padahal lahan yang disediakan cukup subur. Namun kita akui untuk transportasi masih terbatas,\" tutupnya. (618)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: