Sisihkan DD untuk Pemberdayaan

Sisihkan DD untuk Pemberdayaan

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Kaur, H Asmawi MH, meminta kepada sejumlah Kades di Kabupaten Kaur agar dapat menyisihkan alokasi dana untuk pemberdayaan. Sebab dengan adanya pagu dana dari Dana Desa (DD) maka bisa dilakukan pelatihan kepada sejumlah warga baik dari ibu rumah tangga (IRT) hingga pemuda.

“DD tahun ini naik, dan kita minta kepada Kades agar menyisikan dana desa ini ke pemberdayaan, seperti memberikan pelatihan kepada ibu-ibu, karena ini membuka lapangan pekerjaan,” kata Asmawi, kemarin (9/1).

Dikatakan Asmawi, untuk saat ini banyak pemuda dan IRT yang ada di desa-desa yang tak punya pekerjaan, akibatnya tak jarang sejumlah keluarga banyak mengeluhkan terkait dengan kebutuhan rumah tangga. Nah dengan adanya pemberdayaan dan di berikan alokasi dana sehingga nantinya mereka diberikan pelatihan.

“Misalnya pelatihan membuat kerajinan tangan, masak kue kering, atau mungkin pelatihan menjahit, sehingga mereka ada keterampilan ukhususu untuk kalangan IRT,” terangnya.

Ditambahkannya, ia juga mengaku tak cukup dana untuk memberikan pelatihan tersebut, solusinya dengan adanya DD bisa dituangkan dari penyusunan kebutuhan desa dari jauh hari. Sehingga kegiatan seperti itu dapat pula di kembangkan dan diterapkan di desa-desa dengan menggunakan DD.

“Ini nanti akan kita sampaikan dengan kades-kades, saya harapakan hal ini menjadi pemikiran mereka saat menyusun APBDes, dan jangan sampai DD ini hanya fokus ke pembangunan saja,” jelasnya.(618)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: