Bupati: Guru Harus Kuasai Teknologi

Bupati: Guru Harus  Kuasai Teknologi

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress- Tantangan pendidikan di abad ke-XII semakin berat. Karena itu, menjadi keharusan bagi peningkatan kualitas kompetensi dan profesionalisme guru agar sesuai perkembangan zaman. Hal ini disampaikan Bupati Kaur Gusril Pausi SSos yang membacakan amanat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Muhadjir Effendy saat memimpin Upacara Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) dan HUT Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Ke-73 di lapangan Merdeka Kota Bintuhan, Kamis (13/12).

“Guru yang profesiol harus mampu memanfaatkan kemajuan teknologi informasi yang supercepat itu untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar pada setiap pendidikan guna menyiapkan sumber daya manusia yang unggul,” kata bupati.

Dikatakan bupati, dalam revolusi industri keempat yang merambah semua sektor harus disikapi secara arif karena telah mengubah peradaban manusia secara fundamental. Juga walaupun teknologi informasi berkembang pesat, namun peran guru sebagai pendidik tetap tak tergantikan. Ia menyebut tugas guru sebagai pendidik dan pembimbing lekat dengan integritas dan kepribadian.

“Guru tak hanya mentransfer ilmu pengetahuan tapi juga menanamkan nilai-nilai pengembangan karakter dalam kehidupan,” terangnya.

Bupati juga menyampaikan, dahsyatnya perkembangan teknologi informasi harus disikapi dengan kemampuan mengarahkannya menjadi potensi positif. Bukan malah terkena dampak negatifnya. Terlebih di tahun 2019 mendatang, ia menilai penetrasi revolusi industri keempat akan masuk semakin dalam ke berbagai sektor, termasuk sektor pendidikan. “Untuk itu peningkatan profesionalisme guru menjadi penting karena hal itu merupakan salah satu syarat utama dalam perwujudan pendidikan yang berkualitas dan berkarakter,” terangnya.

Melalui peringatan HGN dan PGRI ke-73 tahun 2018 ini bupati berharap, kedepan para guru di Kaur akan semakin maju, berprestasi, berkreasi dan lebih baik dalam memajukan pendidikan di Kabupaten Kaur. Selain itu juga kedepan Pemkab Kaur terus mensejahterakan para guru, agar kedepan para guru yang ada akan lebih bersemangat dalam menjalankan tugas sebagai tenaga pendidik.

“Saja mengajak semua organisasi guru seperti PGRI agar berperan aktif dalam melakukan pembinaan terhadap anggotanya, sehingga keberdaan guru di Kaur ini tetap solid, dan juga semangat dalam menjalankan tugasnya,\" harapnya.

Sementara itu, Ketua PGRI Kaur Rafi\'i S Pd juga menyampaikan, harapan dibalik peringatan HGN dan HUT PGRI Ke-73, tenaga honor yang ada dikalangan pendidikan bisa diangkat menjadi PNS dan juga kesejahteran guru makin ditingkatkan agar lebih sejahtera.

“Harapan kami tentunya kesejahteraan guru ditingkatkan lagi, dan juga guru untuk tetap meningkatkan kompetensi mengabdi secara ikhlas dalam rangka mencerdaskan, mendidik dan membentuk karakter generasi bangsa,” jelasnya. (618)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: