Langganan Banjir, Warga Desak Ubah Siring

Langganan Banjir, Warga Desak Ubah Siring

KAUR SELATAN, Bengkulu Ekspress- Masyarakat Desa Padang Genteng Kecamatan Kaur Selatan Kabupaten Kaur mendesak kepada Eswan (45) selaku pemilik kos-kosan di desa setempat untuk kembali merubah siring dan membongkar gorong-gorong, karena bangunan kos itu mempersempit ukurun siring pasang yang ada di samping tanahnya. Akibatnya saluran air mengecil dan menjadi salah satu penyebab air meluap hingga kesejumlah rumah penduduk

“Terkait ini sudah kita datangi yang bersangkutan dengan warga lainnya sebab warga mengeluhkan hal ini saat kita cek memang ada penyempitan dengan siring. Kita juga sudah sampaikan secara baik baik agar yang bersangkutan mengubah kembali siring yang ada,” kata Kades Padang Genteng Sahrul Wadi kemarin, (9/12).

Dikatakan Kades, ia bersama perwakilan Polsek Kaur Selatan dan beberapa warga sudah melakukan pendekatan dengan yang bersangkutan, pemilik kos-kosan Eswan sendiri mengaku siap mencarikan solusi dia juga mengakui mengubah ukuran siring pasang dai mengaku akan mencarikan alternatif lain.

“Warga mengeluhkan hal ini dan memint kepada bapak Eswan membuka kembali penyempitan siring pasang yang ada di tempat tinggalnya sehingga tak terjadi luapan air,” terang Kades.

Terkait hal ini Kapolres Kaur AKBP Arif Hidayat S IK melalui Kapolsek Kaur Selatan Iptu Surya Purnama SH MH mengakui pihaknya sudah menengahi terkait dnegan persoalan yang disampaikan oleh warga. Dimana hasil pantaun dilalapangan penyempitan siring itu tak kurang dari 10 meter yang membuat bila hujan lebat siring tak mampu mengalirkan debit air sehingga meluber kepemukiman penduduk.

“Masalah ini sudah kita mediasi pemilik lahan mengaku siap mencarikan solusi, dan warga sekitar meminta penanganan ini cepat diatasi, karena dampaknya warga selalu tergenang air disaat hujan karena siring itu sempit,” jelasnya.(618)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: