DPMPTSP Dukung Pabrik Karet

DPMPTSP Dukung Pabrik Karet

TAIS, Bengkulu Ekspress - Kepala Dinas Penanaman Modal Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Seluma Drs Mahwan Jayadi mengatakan, saat ini telah banyak investor melirik untuk berinvestasi di Kabupaten Seluma. Belum lama ini, investor dari negara Tiongkok telah menyampaikan niatnya ingin membangun pabrik karet di Kabupaten Seluma. DPMPTSP pun menyambut dan mendukung pendirian pabrik karet tersebut.

“Ya mudah-mudahan saja ini terwujud, saat ini investor tersebut sedang mengurus perizinannya di Pemerintah Provinsi Bengkulu,” jelas Mahwan.

Dijelaskan Mahwan, dirinya sangat optimis pembangunan pabrik pengolahan karet ini terwujud di Kabupaten Seluma. Karena dari survei yang dilakukan investor tersebut, ketersedian bahan baku karet di Seluma, mencukupi dari hasil kebun milik petani. ‘’Kita terus dorong ini, agar pabrik ini terealisasi dan berdiri di Kabupaten Seluma. Dengan demikian, keluhan petani karet yang selama ini mengeluhkan rendahnya harga getah sadapan mereka dapat teratasi. Karena bahan baku pabrik karet tersebut sepenuhnya mengandalkan hasil kebun milik petani,’’ kata Mahwan.

Terkait perizinan, kata Mahwan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seluma dalam hal ini DPMPTSP tidak mempersulit. Jika semua persyaratan yang dibutuhkan sudah dilengkapi investor, maka izinnya diterbitkan. ‘’Sama seperti pabrik minyak goreng, kita tidak akan mempersulit soal izin ini. Berkas lengkap, izin kita keluarkan,’’ ujarnya.

Ditambahkanya, rencana pendirian pabrik karet di Kabupaten Seluma ini, juga telah disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Bengkulu Dr drh Rohidin Mersyah MMA, saat peletakan batu pertama pembangunan pabrik minyak goreng di Desa Talang Beringin, Kecamatan Semidang Alas Maras (SAM) pada Kamis (15/11).

“Kalau menurut Pak Gubernur, Kabupaten Seluma, menjadi pilot project pendirian pabrik ini. Oleh karena itu harus kita sambut baik dan wujudkan. Selain dapat meningkatkan PAD muaranya juga berimbas besar bagi kemakmuran dan kesejahteraan petani di Kabupaten Seluma,” pungkasnya.(333)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: