Hanya 85 Orang Lulus SKD

Hanya 85 Orang Lulus SKD

TAIS, Bengkulu Ekspress - Hasil tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) peserta tes CPNS Pemerintah Kabupaten Seluma, hanya 85 orang peserta saja yang lulus. Dari jumlah peserta tes CPNS mencapai 4.647 orang. Padahal kuota formasi penerimaan CPNS Pemerintah Kabupaten Seluma mencapai 250 orang. Artinya banyak sekali formasi yang kosong nantinya.

\"Kuota kita 250 orang dalam seleksi CPNS 2018 ini, namun hanya 85 peserta yang lulus seleksi tahap pertama. Masih sangat jauh dari kuota yang diperlukan dan ini merugikan kita,\" ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kabupaten Seluma Irihadi MSi kepada Bengkulu Ekspress kemarin (4/11).

Sekda sangat menyayangkan minimnya peserta tes CPNS yang lulus dari pelaksanaan tes CPNS selama tiga hari mulai 1-3 November di UPT BKN Regional VII Bengkulu tersebut. Sekalipun demikian, Pemda Seluma tidak dapat berbuat banyak, karena syarat kelulusan sesuai passing grade sudah merupakan aturan Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

\"Kita serahkan saja ini kepada Panselnas, bagaiman petunjuk selanjutnya. Jika memang aturannya tidak dapat direvisi, berarti apapun hasilnya itulah yang kita terima,\" tegas Irihadi.

Ditambahkan sekda, jumlah peserta yang lulus SKD tersebut belum final, masih bisa berkurang. Karena masih ada satu tahapan seleksi lagi yang harus diikuti 85 orang yang lulus SKD tersebut, yaitu Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).\"Kita belum dapat memastikan berapa peserta yang lulus dalam seleksi SKB ini. Masih berpeluang berkurang tidak sejumlah ini lagi,\" ujar Sekda.

Untuk itu, sekda mengharapkan kepada tim Panselnas mempertimbangkan, agar merevisi aturan seleksi CPNS ini. Jika perlu, tim CPNS Seluma berkoordinasi ke Kemen-PAN RB terkait minimnya lulusa SKD itu. \"Saya rasa bukan Kabupaten Seluma saja yang mengalami hal ini, mungkin se Indonesia mengalaminya. Untuk itu kita tunggu saja perkembangan selanjutnya, apapun keputusan Panselnas kita patuhi dan ikuti,\" sampai Irihadi.

Sebagaimana diketahui dalam seleksi CPNS 2018, Kabupaten Seluma mendapat kuota 250 CPNS. Rinciannya 145 untuk formasi guru, 75 formasi tenaga kesehatan dan 30 untuk formasi tenaga teknis Adapun pelamar yang mendaftar dan mengikuti tes CPNS berjumlah 4.647 orang. Dari hasil seleksi tahap pertama yakni SKD ternyata hanya 78 orang saja yang lulus.(333)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: