Server e-KTP Berfungsi

Server e-KTP Berfungsi

PASCA kerusakan server yang digunakan untuk melangsungkan perekaman dan proses cetak Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP El) beberapa waktu lalu, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kepahiang belum bisa memastikan jika server tersebut bisa langsung digunakan.

Hal tersebut juga disampaikan oleh Kepala Dinas Dukcapil Kepahiang, Ir Nyayu Elia Hasanah, M.Si melalui Kabid Pendataan dan Pelayanan Penduduk Oly Stepeu, SH, dirinya mengakui jika perbaikan server yang digunakan untuk pelayanan rekam dan cetak KTP tersebut telah usai diperbaiki, namun demikian pihaknya belum bisa memastikan jika Senin (29/10) hari ini, red proses pelayanan perekaman bisa dilakukan.\"Hari ini (kemarin, red) server sudah sampai di Kepahiang setelah diperbaiki, Senin baru kita uji coba,\" ungkapnya.

Dirinya juga tak memungkiri pasca perbaikan server tersebut pihaknya belum bisa dilakukan, sebab server tersebut terlebib dahulu akan di uji coba sebelum kemudian di gunakan untuk kembali melayani masyarakat dalam melakukan perekaman dan pencetakan KTP El.

\"Yang jelasnya kita uji coba dahulu, kita kan belum tahu apakah langsung bisa digunakan, setelah dipastikan bisa digunakan kita baru kembali melayani perekaman KTP El,\" ungkapnya.

Disinggung kendala apakah yang menjadi faktor kerusakan serever yang terjadi bukan kali ini saja, menurutnya kerusakan server tersebut terjadi lantaran server yang digunakan sudah berumur dan selayaknua di perbarui. \"Server ini kan sudah tua harusnya diganti, kita berupaya tahun depan server bisa diganti,\" ujar Oly.

Sebab, lanjut Oly karena kerusakan server yang menjadi bagian penting dalam mendukung pelayanan dalam perekaman, pihaknya selama kerusakan pelayanan di Disdukcapil menjadi terganggu. \"Kita tak bisa melayani perekaman karena mecetnya serever ini sudah sejak (17/10) lalu, artinya lebih seminggu pelayanan rekam dan cetak terganggu. Untuk perbaikan kalau serever harus ke pusat langusung, kita kirimkan ke pusat untuk diperbaiki,baru kemudian dikirim kembali ke kita,\" sampainya.

Pihaknya berharap kedepan pelayanan perekaman tidak lagi mengalami gangguan lantaran permasalahan yang sama seperti saat ini. \"Ya minta minta saja jangan ada masalah pelayanan karena server lagi,\" pintanya. (320)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: