82 Desa Belum Laporkan Realisasi DD

82 Desa Belum Laporkan Realisasi DD

TAIS,Bengkulu Ekspress - Pemerintah Kabupaten Seluma melalui Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) saat ini menunggu laporan realisasi dana desa (DD) tahap kedua. Dari sebanyak 182 desa di Kabupaten Seluma saat ini baru 100 desa saja sudah menyampaikan laporannya. Sisanya sebanyak 82 desa belum menyerahkan laporannya.

“Dari 182 desa di Kabupaten Seluma, sebanyak 100 desa sudah menyampaikan laporan, tapi masih banyak yang belum,” tegas Kepala BPKD Seluma Deddy Ramdhani SE M SE MA kepada Bengkulu Ekpsress.

Dijelaskan Deddy, syarat bisa mengajukan anggaran DD untuk tahap ketiga harus menyampaikan laporan realisasi DD tahap kedua sebesar 75 persen. Kemudian, BPKD baru bisa meminta rekomendasi dari Bupati Seluma. Selanjutnya, disampaikan ke Kantor Pelayananan Perbendaharaan Negara (KPPN). Setelah diusulkan untuk pencairan ke KPPN, biasanya dua minggu setelah itu baru dananya masuk ke kas daerah.

“Desa lambat menyampaikan laporan, maka lambat pula pencairan DD tahap ketiga begitu juga dengan alokasi dana desa (ADD),” sampainya.

Adapun besaran DD yang segera dibayarkan pada tahap ke III senilai Rp 50 miliar.DD DD dicairkan dalam tiga tahapan. Tahap pertama 20 persen, dan tahap kedua dan ketiga 40 persen. Untuk ADD tahap ketiga ini dibayarkan Rp 26 miliar untuk 182 desa. ADD sendiri dibayarkan sebesar 40 persen tahap kedua, 40 persen tahap pertama. Sedangkan tahap ketiga ini sebesar 20 persen.

“Pencairan ADD tahap ketiga lebih kecil, sedangkan DD tahap ketiga lebih besar. Meski begitu, semuanya harus didasarkan pada laporan realisasi tahap kedua terlebih dahulu,”sampainya singkat.(333)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: