Ketersediaan Air Bersih Jadi Prioritas

Ketersediaan Air Bersih Jadi Prioritas

BINTUHAN,Bengkulu Ekspress- Persoalan ketersedian air bersih yang merata untuk seluruh warga masyarakat menjadi salah satu prioritas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Kaur. Hal ini agar kesehatan warga yang berada dilingkungan sekitar dapat terjaga dengan baik. Terkait dengan ini salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah yakni melalui program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pansimas). Untuk menunjang itu digelar sosialisasi program Pansimas. Kegiatan yang diselengarakan di Aula Bappeda Kaur Senin (27/8) ini, merupakan kerjasama Pemkab Kaur dengan Dinas Pu Provinsi Bengkulu serta beberapa instansi lainnya.

“Hari ini merupakan sosialisasi yang ketiga, memaparkan betapa pentingnya Pansimas di masyarakat, program ini untuk anggaran 2019 mendatang, mengenai desa mana saja yang akan menerima kucuran ini kita belum bisa memastikan, dan program ini prioritas kita,” kata Kepala Bappeda Litbang Kaur, Alian Suhadi S Pd kemarin (27/8).

Dijelaskannya sebagai syarat penerima Pansimas yakni desa calon penerima belum pernah menerima bantuan serupa yakni desa baru, kemudian desa perluasan yang pernah dapat bantuan pansimas membutuhkan bantuan pengembangan SPAM guna perluasan pelayanan sampai 100 persen. Nanti desa yang mendapat kucuran pansimas akan mendapatkan Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) sebesar Rp 350 juta per desa.

“Nanti desa yang mendapat kucuran itu penyalurannya disesuaikan dengan Rencana Kerja Masyarakat (RKM), namun sampai saat ini dari 192 desa di 15 kecamatan yang ada kita belum tahu berapa desa yang nantinya akan mendapatkan kucuran dana itu,” imbuhnya.

Sementara itu, Leli Asmi Astuti, narasumber dari Kordinator Pasnismas Provinsi Bengkulu dari Dinas PU Provinsi Bengkulu kemarin menegaskan. Dalam proses penentuan sasaran selain dibutuhkan dokumen RKM yang diajukan oleh KKM dan Pokja di desa pihaknya juga akan melakukan velasusi RKM untuk menentukan prioritas pembangunan dan desa sasaran. Sehingga tim akan menentukan desa mana saja yang nantinya akan kebagian kucuran program Pansimas di Kabupaten Kaur.

“Untuk penentuan desanya belum diputuskan nanti di tahun 2019 baru ditetapkan desa-desa mana saja yang akan mendapatkan kucuran Pansimas di Kabupaten Kaur, dan ini baru tahap sosialisasi saja,” jelasnya.(618)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: